Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Development of Canva Assisted Learning Media to Improve Student Learning Outcomes

  • Ganes Sekar Wangi Universitas Negeri Malang
  • Imam Bukhori Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Malang
Keywords: Penelitian pengembangan, Media pembelajaran, Canva, Hasil belajar

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi sudah merasakan ada kemajuan dan menstimulus perubahan pada proses pengajaran. Hal ini dapat dilihat dari makin canggihnya teknologi baru dengan kecerdasan buatan sehingga makin meningkatnya pemakaian internet di lini pendidikan membuat  guru dapat bervariasi dalam mempergunakan media belajar untuk diterapkan pada proses pengajaran. Riset penelitian dan pengembangan mempunyai tujuannya guna menghasilakan media pembelajaran berbantuan canva  bagi siswa Program Keahlian Manajemen dan Layanan Bisnis kelas X MPLB SMK Muhammadiyah 3 Singosari, Malang, mengetahui kelayakan media pembelajaran berbantuan canva untuk peserta didik, dan mengidentifikasi perbedaan hasil belajarnya siswa yang memanfaatkan media belajar berbantuan canva dan yang tidak mempergunakan media belajar berbantuan canva. Medel penelitian ini mempergunakan model Borg and Gall yang sudah dimodifikasikan jadi 9 tahapan mencakup : 1) potensi permasalahan, 2) penghimpunan data, 3) mendesain produk, 4) memvalidasikan desain, 5) merevisi desain, 6) menguji coba produk, 7) merevisi produk, 8) meguji coba penggunaan, 9) merevisi produk. Riset ini mempergunakan dua analisis data yaitu kualitatif serta kuantitatif. Data kualitatifnya ini berarti data yang didapat melalui hasil analisis isi, kritik, tanggapan dari validator ahli, sementara data kuantitatif diperoleh dari menganalisis hasil belajar peserta didik melalui pretest serta posttest. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini berbentuk media pengajaran berbantuan Canva yang efektif diterapkan dalam proses pembelajaran bagi mata pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis. Hal tersebut bisa diamati melalui hasil validasinya oleh pakar materi, pakar media, serta uji kelompok kecil yang mendapatkan kategori sangat layak. Selanjutnya hasil data olah dari penelitian ini dapat dinyatakan bahwasanya hasil belajar siswa menjadi meningkat dan lebih efektif sesudah mempergunakan media pembelajaran berbantuan Canva dibandingkan hasil belajar siswa sebelum mempergunakan media belajar berbantuan Canva.

References

Afif, M., & Haryudo, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(2), 437–443.
Amini, S. K., & Pujiharti, Y. (2021). Pengembangan Canva sebagai Media Pembelajaran Ekonomi di SMP Pondok Pesantren Tholabie Malang. 3(2), 204–217.
Analicia, T., & Yogica, R. (2021). Media Pembelajaran Visual Menggunakan Canva pada Materi Sistem Gerak. 9(2), 260–266.
Dwipayana, P. A. P., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Konteks Budaya Lokal Untuk Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 3(1), 49–60. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPSI/article/view/24628
Hadi, M. S., Izzah, L., & Paulia, Q. (2021). Teaching writing through Canva appication to enchance students’ writing performance. JOLLT Journal of Languages and Language Teaching, 9(2), 228–235. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jollt/article/view/3533/2565
Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1237
Haryati, A., & Kamal, M. (2016). Penggunaan model team assisted individualization untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 4(1), 47–60.
Hikmawan, T., & Sarino, A. (2018). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 226. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9459
Iskandar, A. (2013). Pengembangan perangkat penilaian psikomotor di sekolah menengah kejuruan (SMK). Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(1), 37–46. https://jurnal.akba.ac.id/index.php/inspiration/article/view/30/30
Kusaeri. (2019). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Materi Bangun Ruang Limas. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 61–70.
Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 79–83. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19336
Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan aplikasi canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra indonesia jenjang sma/ma. Journal of Chemical Information and Modeling, 8, 79–96.
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.
Sari, N. Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Software Swishmax Pada Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar A . Pendahuluan Pendidikan merupakan salah satu bidang yang terus berkembang seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi , oleh karena itu pem. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 72–83. http://103.98.176.9/index.php/aksioma/article/view/2907/2199
Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430–436. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983
Silmi, M., & Rachmadyanti, P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Tentang Persiapan Kemerdekaan Ri Sd Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(4), 254987. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/download/23611/21586
Sudjana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. In Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian pendidikan.
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Rahma Elvira Tanjung 1) , Delsina Faiza 2) 1. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 79–85.
Teni Nurrita. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 03(01), 171.
Published
2023-03-28
Abstract viewed = 1055 times
PDF downloaded = 568 times