PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FOTONOVELA BERBENTUK FLASHCARD PADA MATERI KEBUTUHAN KELAS X IPS SMA MUHAMMADIYAH 2 METRO

  • Rakip Trinata Universitas Muhammadiyah Metro
  • Tiara Anggia Dewi Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Fotonovela berbentuk Flashcard

Abstract

Media Pembelajaran adalah salah satu komponen penting bagi guru dan peserta didik sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Hasil Pra survei pada guru dan peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Metro menunjukan bahwa banyak peserta didik kurang termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran karena media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi. Maka dari itu diperlukan pengembangan media pembelajaran agar peserta didik aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu media yang dapat membuat peserta didik aktif adalah media pembelajaran fotonovela berbentuk flashcard yang dapat digunakan oleh peserta didik. Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran fotonovela berbentuk flashcard yang valid dan praktis.

Jenis penelitian ini adalah Research and Development dan Model Pengembangan yang digunakan model Plomp yang terdiri dari 4 tahap (Prelimenary Investigation, Design, Realization/Construction, Test/Evaluation dan Revision). Hasil penelitian menunjukan bahwa fotonovela berbentuk flashcard Valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil validasi oleh ahli media pada tahap ahir mendapatkan persentase 80% dengan kriteria valid dan validsi tahap ahir menurut ahli materi mendapatkan nilai persetase 86,15% dengan kriteria sangat valid. Hasil ujicoba produk kepada peserta didik dengan persentase 86% kriteria sangat praktis, hal ini menunjukan bahwa media tersebut sudah dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan rekapitulasi tersebut dapat disimpulkan  bahwa media pembelajaran fotonovela berbentuk flashcard merupakan media pembelajaran yang valid dan praktis dalam proses pembelajaran.

References

Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Muktisari, Erna, DKK. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Media Fotonovela Keanekaragaman Hayati Terhadap Kemampuan Psikomotorik Siswa.
Nurseto, Tejo. 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Volume 8 Nomor 1.
Ridwan dan Akdon. 2013. Rumus Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.
Rochmad. 2012. Desain Pengembangan Model Prangkat Pembelajaran Matermatika. Vol 3 no 1.
Susilana. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: CV.Wacana Prima.
Published
2020-03-31
Abstract viewed = 124 times
PDF downloaded = 122 times