Analisis Kesalahan Siswa dalam Menelesaikan Soal Cerita Matematika pada Materi Aritmatika Sosial di Tinjau dari Gaya Belajar Berdasarkan Prosedur Newman pada Siswa Kelas VII di SMP Swasta Wee Wella

  • Kalimbung Ndakularak IKIP Budi Utomo Malang
  • Sulikan Sulikan IKIP Budi Utomo Malang
Keywords: Analisis Kesalahan, Soal Cerita Matematika, Gaya Belajar

Abstract

Tujuan analisis adalah mengidentifikasi kesalahan-kesalahan paling dominan dilakukan siswa menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya belajarnya serta mendiskripsikan faktor penyebabnya. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data meliputi alembar tes, dan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah siswa visual 1 orang tidak menuliskan diketahui dan ditanyakan, siswa tidak mentransformasikan, siswa salah menyelesaikan soal. Siswa auditorial 1 orang tidak menuliskan diketahui dan ditanya, siswa tidak mentransformasikan, tidak memeriksa kembali jawaban dan menarik kesimpulan. Siswa kinestetik 1 orang tidak mentransformasikan, siswa salah menyelesaikan soal. Faktor penyebabnya ialah tidak terbiasa menuliskan diketahui dan ditanyakan, kurang pahamnya siswa mengubah kalimat soal kedalam kalimat matematika, kurang teliti sehingga salah operasi aljabar, salah menentukan langkah penyelesaian soal dan lupa memeriksa kembali jawaban.

Published
2020-11-27
How to Cite
Ndakularak, K., & Sulikan, S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menelesaikan Soal Cerita Matematika pada Materi Aritmatika Sosial di Tinjau dari Gaya Belajar Berdasarkan Prosedur Newman pada Siswa Kelas VII di SMP Swasta Wee Wella. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 1(01), 19-26. https://doi.org/10.33503/prosiding.v1i01.1026
Abstract viewed = 46 times
PDF downloaded = 24 times