Penggunaan Model Polleverywhere pada Pembelajaran Menulis Fiksi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

  • Anita Kurnia Rachman IKIP Budi Utomo
  • Siti Sumarsilah IKIP Budi Utomo
  • Susandi Susandi IKIP Budi Utomo
Keywords: Polleverywhere model, learning, writing, fiction

Abstract

Pembelajaran menulis fiksi merupakan salah satu keteranpilan yang harus dikuasi oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Budi Utomo Malang. Menulis fiksi memerlukan model pembelajaran yang menarik, salah satunya model Polleverywhere. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis fiksi menggunakan model polleverywhere pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Budi Utomo Malang. Metode penelitian yang digunakan, yaitu deskriptif kualitatif. Data yang digunakan berupa hasil tes menulis fiksi. Subjek penelitian ini, yaitu mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Angkatan 2019 Kelas A dengan jumlah mahasiswa 54 orang. Hasil penelitian menunjukkan hasil menulis fiksi mahasiswa mencapai rata-rata 86,44% atau berkategori sangat baik. Terdapat 35 mahasiswa dengan nilai 85-100 kategori sangat baik atau 64,8%. Sebanyak 10 mahasiswa mendapat nilai 75-84 kategori baik atau 18,52%. Pada kategori cukup dengan nilai 65-74 atau 14,81% sebanyak 8 mahasiswa. Pada kategori kurang dengan nilai 0-64 atau 1,86% sebanyak 1 mahasiswa. 

Published
2020-11-18
How to Cite
Rachman, A., Sumarsilah, S., & Susandi, S. (2020). Penggunaan Model Polleverywhere pada Pembelajaran Menulis Fiksi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 1(01). https://doi.org/10.33503/prosiding.v1i01.1124
Abstract viewed = 11 times