Pengembangan LKS Berbasis Contextual Teahing and Learning (CTL) pada Materi Ekosistem di SMP Iceya Ndaha

  • Antoneta Mone IKIP Budi Utomo
  • Purwaning Budi Lestari IKIP Budi Utomo
Keywords: Biology, worksheet, Contextual Teaching Learning (CTL)

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah : (1) Untuk mengetahui kelayakan penembangan LKS berbasis CTL pada materi Ekosistem untuk meningkatakan kemampuan berpikir kritis siswa pada siswa kelas VII SMP Iceya Ndaha (2) Mendiskripsikan pengembangan LKS pembelajaran Biologi materi ekosistem untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Iceya Ndaha. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian yang akan dilaksanakan hanya akan terdiri dari tahap Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (Pengembangan). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan informasi ini dilakukan dengan wawancara kepada beberapa pendidik

Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan  yang telah di kembangkan oleh peneliti, dalam hal ini akan menjelaskan sebuah produk yang di kembangkan oleh peneliti adalah media LKS pada materi ekositem untuk siswa SMP kelas VII, serta akan menjelaskan mengenai prosedur yang telah dilakukan. Media pembelajaran  pengembangan LKS biologi    Adapun hasil penelitian dapat menunjukan, (1) dari validator ahli materi  kelayakan materi  mendapatkan 85,937%, skor validator 55, dan skor maksimal 64,  hasil tersebut dapat menunjukan bahwa kelayakan LKS  pembelajaran ekosistem sangat layak digunakan, (2) Hasil penilaian dari validator ahli media, kelayakkan media mendapatkan 92,187%, skor validator 59, skor maksimal 64, dengan hasil tersebut dapat menunjukan bahwa media LKS pembelajaran sangat valid untuk di gunakan (3)  Hasil penilaian dari validator ahli bahasa, kelayakan ahli bahasa mendapatkan 98,437, skor validator 63,skor maksimal 64, dengan hasil tersebut dapat menunjukan bahwa media pembelajaran sangat layak untuk digunakan. Kesimpulan penelitian ini adalah PENGEMBANGAN LKS BERBASIS CONTEXTUAL TEAHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI EKOSISTEM sangat layak digunakan di SMP Iceya Ndaha

Published
2021-11-15
How to Cite
Mone, A., & Lestari, P. (2021). Pengembangan LKS Berbasis Contextual Teahing and Learning (CTL) pada Materi Ekosistem di SMP Iceya Ndaha. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 2(01), 318-327. https://doi.org/10.33503/prosiding.v2i01.1519
Abstract viewed = 573 times
pdf downloaded = 436 times