Penggunaan Permainan Tebak-tebakan Untuk Meningkatkan Kosa Kata Siswa Kelas Tujuh di SMP Negeri 5 Loli

  • Disarni Orfit Weri Buma Ikip Budi Utomo Malang
  • Munawwir Hadiwijaya Pendidikan Bahasa Inggris, IKIP Budi Utomo
Keywords: Meningkatkan, kosakata, permainan tebak-tebakan

Abstract

Aspek terpenting dalam menguasai bahasa asing adalah kosakata. Namun begitu banyak masalah yang dihadapi siswa dalam menguasai dan mempelajari kosakata. Sehubungan dengan itu, salah satu kasus yang dihadapi siswa SMPN 5 Loli yang berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti siswa SMPN 5 Loli mengalami kesulitan dalam menguasai bahasa Inggris karena kurangnya kosa kata. 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kosakata siswa dengan menggunakan permainan tebak-tebakan dengan metode penelitian tindakan kelas. Dan penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII A SMPN 5 Loli. Temuan dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dari kosakata siswa setelah menggunakan permainan tebak-tebakan. Pernyataan ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa pada studi pendahuluan adalah 54,31, tetapi meningkat menjadi 61,78 pada siklus I dan 73,68 pada siklus II. Artinya kosakata siswa dari siklus I hingga siklus II tergolong berhasil. Berdasarkan temuan di atas penelitian tindakan ini memutuskan bahwa pembelajaran kosa kata bahasa Inggris melalui permainan tebak-tebakan (gambar) sebagai media pembelajaran merupakan alternatif media pembelajaran yang menarik yang mampu memotivasi siswa keduanya memperoleh nilai tertinggi dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris mereka. 

Kesimpulannya, penerapan permainan menebak (bergambar) dalam penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus dan siklus kedua dapat diputuskan berhasil dan penggunaan permainan menebak (bergambar) dapat meningkatkan kemampuan kosakata siswa, seperti serta minat siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan kesimpulan tersebut, disarankan untuk menggunakan media yang kreatif dan menarik dalam proses pembelajaran ya ng dapat membuat siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran.

Published
2022-12-20
How to Cite
Buma, D., & Hadiwijaya, M. (2022). Penggunaan Permainan Tebak-tebakan Untuk Meningkatkan Kosa Kata Siswa Kelas Tujuh di SMP Negeri 5 Loli. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 3(01), 87-94. https://doi.org/10.33503/prosiding.v3i01.2410
Abstract viewed = 640 times
PDF downloaded = 294 times