Implementasi Metode Game Based Learning Dengan Media Aplikasi Padlet Siswa Kelas XI SMA Kristen Baithani Tosari Tahun 2022

  • Yohanes Firmanto Pendidikan Sejarah dan Sosiologi, IKIP Budi Utomo
  • Nurcholis Sunuyeko Pendidikan Sejarah dan Sosiologi, IKIP Budi Utomo
Keywords: Game based learning, Media padlet, Efektivitas kegunaan

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan kegiatan siswa dalam proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran berbasis permainan. Guru menyampaikan tujuan model pembelajaran yang akan digunakan,  pokok bahasan pembelajaran, memotivasi dan menentukan alur diskusi kelas. Membuat kesimpulan pada materi perang melawan imperialisme dan kolonialisme kelas XI SMA Kristen Baithani Tosari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan dengan durasi 2X45 menit. Setiap siklus dimulai dengan tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan perbandingan hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I dan siklus II dengan teknik deskriptif begitu pula dengan angket respon siswa. Artinya data yang diperoleh pada penelitian disajikan apa adanya kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan gambaran mengenai fakta yang ada dan mendeskripsikan sesuai fenomena. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan belajar siswa kelas XI SMA Kristen Baithani Tosari mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi kegiatan siswa pada siklus satu sebesar 62% meningkat menjadi 70% pada siklus dua. Peningkatan ini dipacu oleh kehadiran media padlet dalam pembelajaran. Rata-rata siswa merasa antusias belajar menggunakan padlet hal ini dibuktikan dengan hasil analisis lembar respon siswa yang mencapai 85%. Adapun kategori keseluruhan menunjukkan penerapan pembelajaran game based learning menggunakan aplikasi padlet kelas XI SMA Kristen Baithani Tosari sangat memuaskan. Kesimpulan akhir penelitian yaitu game based learning menggunakan aplikasi padlet dapat meningkatkan kegiatan siswa kelas XI SMA Kristen Baithani Tosari pada mata pelajaran Sejarah Indonesia.

Published
2022-12-20
How to Cite
Firmanto, Y., & Sunuyeko, N. (2022). Implementasi Metode Game Based Learning Dengan Media Aplikasi Padlet Siswa Kelas XI SMA Kristen Baithani Tosari Tahun 2022. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 3(01), 106-115. https://doi.org/10.33503/prosiding.v3i01.2420
Abstract viewed = 404 times
PDF downloaded = 304 times