Permainan Tradisional Ular Naga pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang dengan Pendekatan Student Team Achievement Division (STAD)

  • Lailatur Rohilah IKIP Budi Utomo Malang
  • Eka Yuni Berliana Pendidikan Matematika, IKIP Budi Utomo
  • Nurhasanah Nurhasanah Pendidikan Matematika, IKIP Budi Utomo
  • Rina Fauziah Pendidikan Matematika, IKIP Budi Utomo
  • Nadiyah Ela Kusuma Wardani Pendidikan Matematika, IKIP Budi Utomo
  • Mika Ambarawati Pendidikan Matematika, IKIP Budi Utomo
Keywords: Permainan tradisional ular naga, Matematika, Bangun ruang, STAD

Abstract

Permainan tradisional ular naga merupakan permainan yang dilaksanakan secara gabungan dimana permainannya dimainkan sekitar 5-10 orang. Matematika merupakan ilmu yang seluruhnya tersusun dari rumus-rumus yang tampak menyimpang dari realitas siswa. Bangun ruang kubus dan balok merupakan materi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, salah satunya yaitu untuk mengetahui luas meja dan luas suatu bangunan di dalam kelas. Model pembelajaran STAD merupakan gaya belajar kolaboratif yang menekankan pada interaksi siswa, saling memotivasi untuk menguasai materi dan mencapai prestasi yang maksimal. Metode penelitian ini menggunakan metode pustaka yaitu mencari informasi melalui media cetak, seperti buku, jurnal, majalah, dan penelitian terdahulu. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD merupakan model pembelajaran yang menekankan pada siswa agar kerja sama dalam kelompok untuk memecahkan suatu masalah agar mencapai tujuan dalam pembelajaran.

Published
2022-12-20
How to Cite
Rohilah, L., Berliana, E., Nurhasanah, N., Fauziah, R., Wardani, N., & Ambarawati, M. (2022). Permainan Tradisional Ular Naga pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang dengan Pendekatan Student Team Achievement Division (STAD). Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 3(01), 275-281. https://doi.org/10.33503/prosiding.v3i01.2433
Abstract viewed = 594 times
PDF downloaded = 461 times