Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Inspiratif Melalui Strategi Pemodelan

  • Nurul Siti Hafifa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP Budi Utomo Malang
Keywords: strategi pemodelan, keterampilan menulis, teks cerita inspiratif

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IX E SMP Islam Al-Amin melalui strategi Pemodelan pada materi menulis teks cerita inspiratif. Untuk mengatasi masalah tersebut penulis melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan strategi Pemodelan. Strategi pemodelan yang digunakan untuk mempermudah guru dalam melaksanakan pembelajaran menulis serta mempermudah siswa dalam menulis teks cerita inspiratif. Prosedur penelitiannya meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi hasil tindakan. Waktu pelaksanaannya dimulai dari Januari sampai April 2022. Teknik pengumpulan data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Sementara hasil tes menulis siswa dianalisis dengan sistem deskriptif komparatif antara data keadaan awal dan hasil tindakan antarsiklus. Berdasarkan analisis data dan refleksi proses pembelajaran, diperoleh hasil akhir yang signifikan hasil penelitian dengan penerapan strategi Pemodelan dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerita inspiratif siswa sebesar siklus 1 rata-rata ketercapaian sebesar 72,41% dan pada siklus 2 mencapai 89,66%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan, penggunaan strategi Pemodelan dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerita inspiratif siswa.

 

Published
2022-12-20
How to Cite
Hafifa, N. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Inspiratif Melalui Strategi Pemodelan. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 3(01), 201-209. https://doi.org/10.33503/prosiding.v3i01.2465
Abstract viewed = 692 times
PDF downloaded = 350 times