Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantuan E-Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

  • Euis Budi Ayu IKIP Budi Utomo
  • Yunis Sulistyorini IKIP Budi Utomo
Keywords: Numbered Heads Together, e-learning, learning outcomes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together berbantuan e-learning. Model pembelajaran Numbered Heads Together mampu membuat siswa lebih aktif berdiskusi dan menyampaikan pendapat. Selain itu, penyajian soal dengan cara berbeda diharapkan menarik minat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada tes akhir siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 19 siswa dari 33 siswa atau sebanyak 57,57% siswa mencapai ketuntasan. Pada tes akhir siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 25 siswa dari 33 siswa atau sebanyak 75,75% siswa mencapai ketuntasan. Dengan demikian, prestasi siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 18,18%, sehingga dapat disimpulkan bahwa model numbered heads together berbantuan e-learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Published
2023-10-12
How to Cite
Ayu, E., & Sulistyorini, Y. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantuan E-Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 4(01), 316-322. https://doi.org/10.33503/prosiding.v4i01.3633
Abstract viewed = 225 times
pdf downloaded = 122 times