Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Menulis Teks Recount melalui Mind Mapping

  • Anita Larasati Dwi Anggraini IKIP Budi utomo
  • Endang Setiyo Astuti IKIP Budi utomo
  • Mukarom - IKIP Budi utomo
Keywords: keterampilan menulis, teks recount, mind mapping

Abstract

 

Keterampilan menulis siswa dapat ditingkatkan melalui Mind Mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa SMP dalam menulis dan mengetahui bagaimana Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa SMP. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dari Kurt Lewin, dengan langkah-langkah yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang dikumpulkan dikelompokkan menjadi dua, yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan perhitungan rata-rata kemudian dideskripsikan sebagai data kualitatif dan dianalisis secara logika, Hasilnya menunjukkan bahwa skor siswa meningkat setelah penerapan Mind Mapping dalam menulis teks recount. Sebelum penerapan Mind Mapping, nilai rata-rata siswa adalah 73,5 dengan persentase kelas 62,5%. Setelah dilakukan tindakan, nilai rata-rata meningkat menjadi 81,6 dengan persentase kelas 87,5%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa SMP.

Published
2023-10-10
How to Cite
Dwi Anggraini, A., Astuti, E., & -, M. (2023). Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Menulis Teks Recount melalui Mind Mapping. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 4(01), 247-254. https://doi.org/10.33503/prosiding.v4i01.3666
Abstract viewed = 193 times
PDF downloaded = 137 times