Pelatihan Budidaya Sengon pada Kelompok Petani Pembibit Sengon di Kecamatan Wajak Kabupaten Malang

  • Wiwik Kusmawati IKIP Budi Utomo
  • Asri Putri Anugraini IKIP Budi Utomo
  • Anangga Widya Pradipta IKIP Budi Utomo
  • Moh Zaini IKIP Budi Utomo
Keywords: Sengon, wajak, malang

Abstract

Kelompok usaha pembibit sengon khususnya di Kecamatan Wajak Kabupaten Malang masih mengandalkan bibit sengon laut/sengon unggul bersertifikat atau bibit sengon yang tumbuh liar di alam dengan tingkat keberhasilan tumbuhnya yang rendah. Padahal bibit sengon adalah suatu komoditi yang bernilai ekonomi tinggi. Hal ini terlihat dari sedikitnya jumlah pembibit yang mengelola bibit sengon dengan baik. Padahal ketersediaan bibit tanaman merupakan faktor yang sangat berperan dalam menyukseskan program pembangunan hutan tanaman sengon. Bibit yang berkualitas dengan dukungan teknologi budidaya dapat menyediakan benih-benih yang memiliki kualitas tinggi sehingga dapat menghasilkan pohon dan hasil kayu yang bermutu. Terbatasnya kemampuan pembibit dalamĀ  membibit sengon menjadi salah satu penyebab mereka kurang memiliki daya saing dalam menawarkan bibit sengon, sehingga keuntungan dari hasil penjualan yang didapatnya sedikit.

Untuk Mitra, bantuan yang diberikan adalah pelatihan budidaya sengon pada kelompok petani pembibit sengon di Kecamatan Wajak Kabupaten Malang.

Adapun tahapan pelaksanaan kegiatan PKM adalah sebagai berikut: (a) Survei dan perencanaan, (b) Budidaya bibit sengon.

Hasil yang dicapai melalui program pengabdian masyarakat ini adalah meningkatnya pemahaman masyarakat tentang teknologi budidaya sengon pada kelompok petani pembibit sengon di Kecamatan Wajak Kabupaten Malang.

Published
2023-01-05
How to Cite
Kusmawati, W., Anugraini, A., Pradipta, A., & Zaini, M. (2023). Pelatihan Budidaya Sengon pada Kelompok Petani Pembibit Sengon di Kecamatan Wajak Kabupaten Malang. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 1(01), 24-29. Retrieved from http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/prosiding_pengabmas/article/view/2569
Abstract viewed = 413 times
PDF downloaded = 291 times