Sosialisasi dan Edukasi Bullying Terhadap Perkembangan Sosial Anak di Panti Asuhan Nurul Hadi Kecamatan Pakis Kabupaten Malang

  • Ferdinan Bashofi IKIP Budi Utomo
  • Prihma Sinta Utami
  • Nita Indah Lestari IKIP Budi Utomo
Keywords: sosialisasi, edukasi, perundungan, perkembangan anak

Abstract

Bullying merupakan perbuatan atau perkataan yang menimbulkan rasa takut, sakit atau tertekan baik secara fisik maupun mental yang dilakukan secara terencana oleh pihak yang merasa lebih berkuasa terhadap pihak yang dianggap lebih lemah. Fenomena bullying yang terjadi dilingkungan sekolah diperkuat dengan bukti terjadinya kasus kekerasan atau bullying baik oleh guru terhadap siswa, maupun antar sesama siswa. Seperti kasus penganiayaan di sekolah kedinasan yang terjadi berulang kali, penganiayaan pada salah satu sekolah pelayaran di Jakarta, kasus tersebut merupakan salah satu dari beberapa kasus bullying dilingkungan sekolah yang terekspos media. Inilah alasan mengapa perilaku bullying merupakan penghambat besar bagi seorang siswa untuk mengaktualisasikan diri dan dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Karena situasi, suasana internal dan eksternal dalam suatu sekolah yang membedakannya dengan sekolah lain dan mempengaruhi perilaku orang-orang di dalamnya. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah dengan melakukan penyuluhan yang berbasis edukasi dengan cara offline atau penyuluhan secara langsung dengan tema Sosialisasi Pengaruh Buliyying Terhadap Perkembangan Sosial Anak. Kegiatan ditujukan kepada anak-anak di Panti Asuhan Nurul Hadi dengan tujuan untuk mengedukasi anak-anak, guna meningkatkan pengetahuan mengenai apa itu Buliyying serta apa saja dampak yang akan diterima jika melakukan tindakan yang salah termasuk melakukan tindakan kriminalitas.

Published
2023-10-08
How to Cite
Bashofi, F., Utami, P., & Lestari, N. (2023). Sosialisasi dan Edukasi Bullying Terhadap Perkembangan Sosial Anak di Panti Asuhan Nurul Hadi Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(01), 169-178. https://doi.org/10.33503/prosiding_pengabmas.v2i01.3579
Abstract viewed = 423 times
PDF downloaded = 189 times