PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF POWERPOINT UNTUK PEMBELAJARAN GRAMMAR TINGKAT SMP

  • Mutmainnah Mutmainnah Mutmainnah IKIP Budi Utomo Malang
  • enis fitriani fitriani IKIP Budi Utomo Malang
Keywords: media interaktif, media power point, pembelajaran Grammar

Abstract

Tidak sedikit siswa memiliki semangat dan belajar bahasa inggris yang rendah, khususnya grammar. Grammar merupakan subjek yang membosankan dan membingungkan. Untuk alasan ini, peneliti mengembangkan media powerpoint interaktif untuk pembelajaran grammar. Peneliti mengembangkan media ini dalam mempelajari atau memahami grammar dengan mudah khususnya untuk materi tenses. Peneliti menggunakan desain penelitian dan pengembangan (Research & Development / R&D). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian dan pengembangan (R & D) dengan mengadaptasi model Borg and Gall. Ada 6 langkah untuk desain ini. Namun peneliti tidak menguji cobakan produk tersebut dikarenakan keterbatasan waktu yang dimiliki oleh peneliti. Dalam penelitian ini, data diambil dari hasil validasi ahli materi dan ahli media. Persentase dari validasi ahli media sebesar 79.2% dan validasi ahli materi sebesar 76% dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa media powerpoint interaktif untuk pembelajaran grammar layak untuk digunakan. Penggunaan media interaktif powerpoint meningkatkan motivasi siswa dalam belajar grammar. Para siswa belajar tenses tanpa harus terlalu fokus pada rumus sehingga siswa tidak merasa bosan dan bingung dalam mempelajari tenses. Berdasarkan deskripsi di atas, dapat disimpulkan bahwa produk media interaktif PowerPoint untuk pembelajaran grammar siap digunakan untuk mengajarkan materi grammar kepada pembelajar bahasa Inggris.

 

Published
2021-10-26
Abstract viewed = 16 times
PDF downloaded = 8 times