PENGEMBANGAN PERMAINAN PAPAN ULAR TANGGA UNTUK MENGAJAR VOCABULARY

  • Anis Na’il Fulka Bia’yuni
  • Ike Dian Pusputasari
  • Adi Adi
Keywords: media pembelajaran, papan ular tangga, vocabulary

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan papan permainan ular tangga untuk mengajar vocabulary. Peneliti membuat media pembelajaran. Peneliti membuat media pembelajaran untuk membantu guru dalam menyampaikan pesan atau materi pelajaran kepada siswa mereka, sehingga pesan lebih mudah dipahami, lebih menarik, dan lpembelajaran ebih menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini juga meneliti kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan desain Reasearch and Development (R&D) dan mengadaptasi model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi), yang mencakup 4 tahap. yaitu: Analisis, Desain, Pengembangan, dan Evaluasi. Media pembelajaran ini dibuat menggunakan aplikasi CorelDRAW X7 dan Microsof Word. Pada tahap pengembangan, kelayakan media pembelajaran divalidasi oleh pakar media. Data yang diperoleh dari kuesioner dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti menunjukkan kategori “Sangat Layak” dengan persentase rata-rata skor adalah 91,6% oleh ahli media. Berdasarkan penjabaran singkat di atas, dapat disimpulkan bahwa permainan papan ular dan tangga dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses belajar mengajar di sekolah. Dengan demikian, peneliti menyarankan bahwa implementasi di masa depan akan dibutuhkan oleh guru, praktisi dan peneliti lain.

Published
2021-10-26
Abstract viewed = 531 times
PDF downloaded = 412 times