Pengembangan Materi Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Video Power Point (PPT) untuk Siswa Kelas VIII SMPN 05 Ampelgading Satu Atap

  • Dwi Irnawati IKIP Budi Utomo
  • Tities Hijratur Rahmah IKIP Budi Utomo
Keywords: Pengembangan, Materi Pembelajaran Bahasa Inggris, Video Power Point

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan  materi pembelajaran bahasa inggris siswa kelas 8 menggunakan video yang terbuat dari Microsoft Power Point. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau (R&D). Model yang digunakan dalam pengembangan materi ini ialah model 4D oleh Thiagarajan (1974:5). Dalam model ini ada 4 tahapan, yaitu Define, Design, Development, and Disseminate. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan lembar observasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Validasi pengembangan materi ini berpedoman pada lima aspek, yaitu aspek materi, aspek bahasa, aspek penyajian, aspek tampilan visual, dan aspek desain pembelajaran.Validasi yang dilakukan oleh ahli materi menghasilkan skor 2,95 (baik), ahli media menghasilkan skor 3,31 (Sangat baik). validasi yang dilakukan oleh guru bahasa inggris menghasilkan skor 3,24 (Sangat baik), dan siswa kelas 8 menghasilkan skor 3,780 (Sangat baik). Pengembangan materi bahasa inggris menggunakan video ppt tersebut memperoleh rata-rata skor keseluruhan 3,4109 (Sangat baik). Hal tersebut menunjukkan bahwa pengembangan materi bahasa inggris menggunakan video PPT dapat diterima dan layak untuk digunakan sebagai materi pembelajaran untuk membantu siswa dan guru dalam proses pembelajaran bahasa inggris.

Published
2021-09-15
Abstract viewed = 704 times
PDF downloaded = 454 times