Tatanan Budaya Dalam Perkawinan Jawa Tinjauan Sosiologi Sastra

  • Tri Ratna Herawati Universitas PGRI Yogyakarta
  • Muncar Tyas Palupi Universitas PGRI Yogyakarta
Keywords: atanan,Budaya,Perkawinan, Jawa,Sosiologi Sastra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan  tatanan budaya  dalam perkawinan Jawa. Berdasarkan deskripsi di atas, ada beberapa tatanan budaya Jawa yang harus dipegang teguh dalam tradisi pernikahan Jawa. Masyarakat Jawa masih percaya bahwa perkawinan yang langgeng dan bahagia jika dilakukan sesuai dengan tatanan dan aturan yang berlaku dalam kehidupan.  Perkawinan merupakan sesuatu yang sakral dan monumental bagi setiap pasangan.

Hal ini  menjadi pedoman dan aturan yang harus dipatuhi dan ditaati agar perkawinan berjalan lancar dan kedepannya pasangan dalam perkawinan dapat membina keluarga yang rukun, bahagia, dan sejahtera. Penelitian ini mengambil subjek data perkawinan di Yogyakarta..Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan tentang tatanan budaya dalam perkawinan jawa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Teknik triangulasi yaitu  observasi , dokumenta  si dan sumber Pustaka yang mendukung penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan  bahwa  tatanan budaya  dalam perkawinan jawa memiliki nilai-nilai dan aturan yang harus ditaati dalam perkawinan jawa. Tatanan yang dilakukan dalam perkawinan jawa ditemukan dalam penelitian ini antara lain  hari baik, lamaran dengan berbagaisrah-srahan,midodareni,pasoktukon,ijabkabul,sungkeman,upacara panggih, dulangan, balangan suruh, ngidakendok ,sinduran, kacar-kucur, kirap   manten.

Semua tatanan tersebut memiliki arti dan filosofi jawa yang bermakna bagi sebuah perkawinan.  Tatanan budaya dalam perkawinan jawa dikaitkan dengan tinjauan sosiologi sastra ditemukan interaksi sosial,tatanan social,budaya dan nilai-nilai  yang berkaitan dengan masyarakat  khususnya dalam aturan perkawinan jawa. Dengan berbagai tatanan budaya jawa diperoleh kesimpulan bahwa perkawinan jawa sangat memegang teguh tatanan dan nilai-nilai budaya yang diterapkan dalam kehidupan masyarakat.

Published
2022-10-30
Abstract viewed = 510 times
PDF downloaded = 392 times