Penggunaan Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Delapan di SMP PGRI 4 Malang

  • Laurensia Soka IKIP BUDI UTOMO
Keywords: Kata Kunci:  Keterampilan berbicara,  Permainan ular tangga.

Abstract

ABSTRACT

                The main objective of this research is to improve the speaking skills of eighth graders. Speaking is a language process in which we use language that applies sound to say or express opinions or ideas in public. When we speak, we produce text and it must be meaningful, and we find some message from it. One of the goals of teaching foreign languages ​​in Indonesia is to improve speaking skills. However, as a foreign language, English is difficult to learn, especially in speaking. Speaking itself is a process of interaction between speaker and listener. Therefore, students must have the ability to speak English in order to communicate with others. There are several problems that can cause low speaking skills such as student knowledge, student motivation, student linguistic knowledge, student personality, and speaking material. The first problem faced by students is the lack of pronunciation, then the second is the lack of students' voc abulary, this is caused by a lack of practice and the last is the students' lack of confidence. This study uses Classroom Action Research (CAR) to collect data that can improve students' reading skills in the eighth grade of SMP PGRI 4 Malang. Data collection involves instruments, namely tests, questionnaires, and interviews. The student's questionnaire was to find out students' opinions about the implementation of the Tanga Snake game and the review was to find out what difficulties were faced by the students. Researchers will know the success of students in conducting this action research by referring to the KKM criteria is 80. There are several steps that will be carried out in each cycle, planning, acting, observing, and reflecting. The results of this study indicate that there is a significant development in students' speaking skills in eighth grade students of SMP PGRI 04 Malang. After playing the snake and ladder board game. Where the score of the first cycle is 71% and the second cycle score is 84%. This means that the snake and ladder board game is the right way to improve students' speaking skills.

Keywords: Speaking skills, Snakes and ladders game.                                                                           

                                                                       

 

                                                                               ABSTRAK

    

                   Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas delapan. Berbicara adalah proses bahasa di mana kita menggunakan bahasa yang menerapkan suara  untuk mengatakan atau mengungkapkan pendapat atau ide di depan umum.  Ketika kita berbicara, kita menghasilkan teks dan itu harus bermakna, dan kita menemukan beberapa pesan darinya.  Salah satu tujuan pengajaran bahasa asing di Indonesia adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara.  Namun, sebagai bahasa asing, bahasa Inggris sulit dipelajari, terutama dalam berbicara.  Berbicara itu sendiri merupakan proses interaksi antara pembicara dan pendengar.  oleh karena itu siswa harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris agar dapat berkomunikasi dengan orang lain.Ada beberapa masalah yang dapat menyebabkan rendahnya keterampilan berbicara seperti pengetahuan siswa, motivasi siswa, pengetahuan linguistik siswa, kepribadian siswa, dan materi berbicara.  Masalah pertama yang dihadapi siswa  adalah kurangnya pengucapan, kemudian yang kedua adalah kurangnya kosakata siswa, hal ini disebabkan oleh kurangnya latihan dan yang terakhir adalah kurangnya rasa percaya diri siswa.   Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk mengumpulkan data yang dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa pada kelas drlapan SMP PGRI 4 Malang. Pengumpulan data melibatkan instrumen yaitu tes, kuesioner, dan wawancara. Kuesioner siswa adalah untuk mengetahui pendapat siswa tentang implementasi permainan Ular Tanga dan ulasannya adalah untuk mengetahui kesulitan apa yang dihadapi oleh para siswa. Peneliti akan mengetahui keberhasilan siswa dalam melakukan penelitian tindakan ini dengan mengacu pada kriteria KKM adalah 80. Ada beberapa langkah yang akan dilakukan di setiap siklus, perencanaan, akting, mengamati, dan memantulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perkembangan yang signifikan  pada keterampilan berbicara siswa pada siswa kelas delapan SMP PGRI 04 Malang.setelah melakukan permainan papan ular tangga.  Di mana skor siklus I 71%  dan skor siklus II 84% Ini berarti bahwa permainan papan ular tangga adalah cara yang tepat untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam  berbicara. 

Kata Kunci:  Keterampilan berbicara,  Permainan ular tangga.

Published
2022-11-30
Abstract viewed = 790 times
PDF downloaded = 347 times