A PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS FABEL DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI AUTOPLAY UNTUK SISWA KELAS VII SMP AISYIYAH MUHAMMADIYAH 3 MALANG

  • Yana - - IKIP Budi Utomo
  • Artifa Sorraya IKIP Budi Utomo
Keywords: pengembangan, media pembelajaran, teks fabel, autoplay

Abstract

 Pengembangan media pembelajaran teks fabel dengan menggunakan aplikasi autoplay ini didasarkan pada kenyataan dikelas VII SMP Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang bahwa kebosanan siswa merupakan permasalahan yang sering terjadi pada proses belajar. Hal tersebut dikarenakan media yang digunakan saat proses belajar mengajar terkesan menonton, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, terdapat siswa yang memiliki tipe belajar Audio, tipe Visual dan tipe Audio-Visual. Hal ini untuk, mengatasi solusi permasalahan tersebut dapat dibuat suatu media sebagai alat pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan macam-macam karakteriktik siswa. Metode yang digunkan adalah mengikuti metode yang dikembangkan oleh Lee and Owen (2004) dengan lima langkah pengembangan yaitu: 1) Analysis, 2) Desaign, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Produk hasil perkembangan divalidasikan kepada ahli bahasa, ahli materi dan ahli desain untuk mengetahui tingkat kelayakan produk media pada materi teks fabel. Hasil penelitian Pengembangan media pembelajaran teks fabel dengan menggunakan aplikasi autoplay untuk siswa kelas VII SMP Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang mendapatkan nilai untuk hasil uji ahli bahasa 3,72, hasil uji ahli materi mencapai 3,31 dan hasil uji ahli desain 3,81. Dari nilai yang diperoleh menurut kriteria penilaian menyatakan bahwa media termasuk dalam kriteria sangat valid. Efektivitas pembelajaran berhubungan dengan kemampuan menggunakan media pembelajaran teks fabel dengan menggunakan aplikasi autoplay untuk siswa kelas VII yang di terapkan dalam suatu pembelajaran. Pemilihan media pembelajran dan media interaktif autoplay yang tepat akan berpengaruh positif terhadap hasil pembelajaran peserta didik. Terlebih dalam pembelajaran bahasa dan sastra indonesia, masih banyak di jumpai peserta didik yang nilainya rendah. Hal tersebut berkaitan dengan kesalahan dalam memilih media pembelajaran. Terkait dengan permasalahan tersebut maka peneliti berupaya akan mengembangkan suatu media pembelajaran teks fabel dengan menggunakan aplikasi autoplay.  

 

Author Biography

Artifa Sorraya, IKIP Budi Utomo

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Published
2022-11-12
Abstract viewed = 393 times
PDF downloaded = 285 times