PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMPN 10 SOKAN KALIMANTAN BARAT

  • budan budan IKIP BUDI UTOMO
  • Anita Kurnia Rachman
  • Endang Sumarti
Keywords: Kata kunci: Media, Flashcard; puisi; keterampilan menulis

Abstract

Keterampilan  menulis  puisi  adalah  keterampilan  sastra  yang  harus  dicapai siswa  dengan  tekun  berlatih  sehingga  dapat  mengubah  ide  dan  gagasannya menjadi karya puisi. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis  puisi  siswa  Kelas  Siswa  VII  SMPN  10  Sokan  Kalimantan  Barat. Penelitian  ini   bertujuan    untuk  mengembangkan,  serta  menguji  kelayakan  dan keefektifan  media “Flashcard untuk Menulis Puisi”. Jenis  penelitian  adalah  Penelitian  dan  Pengembangan  dengan  model ADDIE.  Prosedur  penelitian  yaitu  analyze,  design,  development,  implementation dan  evaluation.  Subjek  penelitian  adalah  20  siswa  kelas  Siswa  VII  SMPN  10  Sokan  Kalimantan  Barat.  Pengumpulan  data  menggunakan  observasi,  tes,  wawancara, angket dan dokumen.  Teknik  analisis data menggunakan analisis data  produk, analisis data awal, uji  hipotesis,  dan  uji n-gain. Hasil  penelitian  menunjukkan  media  “Flashcard  untuk  Menulis  Puisi  ”sangat  layak  digunakan  dengan  presentase  rata-rata  penilaian  ahli  materi 86,63%  dan ahli media 90,21%. Terdapat peningkatan rata-rata nilai siswa  sebanyak  72%, hasil  perhitungan  N-Gain  sebesar  0,559107  dengan  kriteria  sedang, dan hasil uji  perbedaan rata-rata menunjukkan bahwa data sig (2-tailed)  0,000  <  0,05,  sehingga disimpulkan  bahwa  rata-rata  nilai  antara  pretest  dan  posttest  mengalami perubahan  signifikan. Simpulan  penelitian:  media  “Flashcard  untuk  Menulis  Puisi”  layak  dan efektif  digunakan  dalam  kegiatan  pembelajaran  materi  puisi  oleh  Siswa  VII  SMPN  10  Sokan  Kalimantan  Barat.  Saran  penelitian  selanjutnya:  lebih  teliti  dalam  perencanaan  pengembangan  media  flashcard,  sebaiknya  dikembangkan sesuai kebutuhan serta karakteristik siswa.

Published
2022-11-01
Abstract viewed = 429 times
PDF downloaded = 329 times