MENGEMBANGKAN APLIKASI PERMAINAN ANIMASI KOSAKATA UNTUK PRONOUNCIATION

  • Christina Retna Ningrum IKIP BUDI UTOMO
  • Trisnian Ifianti
  • Adi Adi
Keywords: Media Video, Animasi, Kosakata Bergambar, Bahasa, Anak Usia Dini.

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, sekolah dan masyarakat. Kurangnya kemampuan mengeja atau mengulang kata dalam bahasa Inggris (Phonic) pada anak usia 4 - 5 tahun disebabkan teknik pembelajaran dan media yang digunakan belum mampu menarik minat anak. Tujuan pengembangan media permainan animasi kosakata bergambar untuk TK adalah agar anak usia dini dapat berkonsentrasi dan memahami isi materi sehingga mampu mengulang kata sederhana dengan pengucapan yang benar. Peneliti menyusun pengembang media permainan animasi kosakata bergambar dalam pembelajaran bahasa Inggris, dengan membuat rancangan Research and Development (R&D), yaitu penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji validitas produk tersebut. Prosedur Penelitian dan Pengembangan ini merupakan adaptasi dari teori Sugiono, yaitu : 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Uji Coba Pemakaian, 6) Revisi Produk, 7) Uji Coba Pemakaian, 8) Revisi Desain. Uji Coba Produk, 8) Revisi Desain. Uji Coba Produk, 8) Revisi Desain. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif dalam bentuk persentase.

Published
2022-11-08
Abstract viewed = 331 times
PDF downloaded = 280 times