A EFEKTIVITAS PENGAJARAN MENULIS TEKS RECOUNT DENGAN MENGGUNAKAN TIKTOK UNTUK SISWA KELAS SEPULUH SMA HASANUDDIN WAJAK

  • ulfatul khasanah IKIP Budi Utomo Malang
  • Enis Fitriani IKIP Budi Utomo
  • Jasuli Jasuli IKIP Budi Utomo
Keywords: Menulis, Teks Recount, Tiktok

Abstract

EFEKTIVITAS PENGAJARAN MENULIS TEKS RECOUNT DENGAN MENGGUNAKAN TIKTOK UNTUK SISWA KELAS SEPULUH SMA HASANUDDIN WAJAK

Ulfatul Khasanah1, Enis Fitriani2, Jasuli3

1Pendidikan Bahasa Inggris, IKIP Budi Utomo Malang

e-mail : ulfatulksn@gmail.com

2 Pendidikan Bahasa Inggris, IKIP Budi Utomo Malang

e-mail : fitrianienis@gmail.com

3 Pendidikan Bahasa Inggris, IKIP Budi Utomo Malang

e-mail : Jasuli@budiutomomalang.ac.id

 

Informasi Artikel

ABSTRACT

Submit : 06-08-2022

Diterima : xx-xx-2022

Dipublikasikan : xx-xx-2022

This research is aimed to determine whether classes taught using Tiktok have better results than classes taught without using Tiktok. Students today are familiar with Tiktok because of its easy and flexible access. By using Tiktok students can create their writings so that they are more interesting to read and can be seen by many people. This is a quasi-experimental research. The experimental group was taught using Tiktok and the control group was taught without using Tiktok. The author used a pre-test to find out that both groups had relatively the same background knowledge in the research variables and a post-test to find an increase in scores as a measure of achievement. The author uses tests to calculate and hypothesize.

 

Keywords : Writing, Recount Text, Tiktok

 

 

Penerbit

ABSTRAK

IKIP Budi Utomo

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kelas yang diajarkan menggunakan Tiktok memiliki hasil yang lebih baik dibandingkan dengan kelas yang diajar tanpa menggunakan Tiktok. Siswa pada era sekarang banyak mengenal Tiktok karena aksesnya yang mudah dan fleksibel. Dengan menggunakan Tiktok siswa dapat mengreasikan hasil tulisannya agar lebih menarik untuk dibaca dan dapat dilihat banyak orang. Ini adalah penilitian quasi eksperimen. Kelompok eksperimen diajar dengan menggunakan Tiktok dan kelompok kontrol diajar tanpa menggunakan Tiktok. Penulis menggunakan pre-test untuk mengetahui bahwa kedua kelompok mempunyai latar belakang pengetahuan yang relatif sama dalam variable penelitian dan post-test untuk menemukan peningkatan nilai sebagai ukuran prestasi. Penulis menggunakan test untuk menghitung dan menghipotesis.

 

Kata Kunci : Menulis, Teks Recount, Tiktok

 

 

Published
2022-11-11
Abstract viewed = 352 times
PDF downloaded = 266 times