PENGARUH PEMBELAJARANBERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI

  • Eka Kurnia Wati IKIP Budi Utomo malang
Keywords: menulis teks negosiasi, model pembelajaran problem based learning

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan karena latar belakang rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks negosiasi. Kemampuan menulis teks negosiasi merupakan salah satu kompetensi dasar siswa yang harus dikuasai. Tetapi dalam kenyataannya banyak siswa yang belum mampu menguasai kemampuan menulis teks negosiasi. Salah satunya dapat diketahui pada kelas X di Madrasah Aliyah NU Pakis Kab. Malang. Dalam penelitian ini mencoba model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Dengan model pembelajaran ini peneliti mencoba dan merasa bahwa siswa mampu menulis teks negosiasi dengan baik dan benar. Oleh karena itu peneliti menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) untuk mengetahui pengaruh dari pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X Madrasah Aliyah NU Pakis Kabupaten Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan penelitian kuantitaif dengan motode Quasi Eksperimen. Dimana dalam penelitian ini terdapat kelas kontrol dan kelas eksperimen untuk mengetahui perbedaan antara model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode konvensional/ceramah. Peneliti mengadakan pretest sebelum melakukan penelitian kemudian dilaksanakan treatment/perlakuan kepada setiap kelas. Kelas kontol menggunakan model ceramah dan kelas eks perimen menggunakan model Problem Based Learning .
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks negosiasi dengan model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh pada pembelajaran siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Perolehan rata-rata berdasarkan hasil belajar pada kelas eksperimen adalah 82.50 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 74.50. Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadapat hasil belajar siswa dalam menulis teks negosiasi dibuktikan berdasarkan dari uji hiptesis (uji t) yang memiliki nilai sig (2-tailed) yang kurang dari 0,05. Yakni dengan hasil 0,000.

Published
2022-11-30
Abstract viewed = 411 times
PDF downloaded = 345 times