“Analisis Kecemasan Berbicara Pada Siswa dan Dampaknya Pada Penampilan Berbicara” (Studi kasus pada siswa kelas 7 SMPN 4 Ponorogo)

  • Novia Larasati Bayu Putri IKIP Budi Utomo
  • Adi Adi
Keywords: Kata kunci : berbicara, kecemasan berbicara, faktor dari kecemasan berbicara

Abstract

Kecemasan berbicara menjadi permasalahan utama bagi siswa yang sedang mempelajari bahasa asing. Kecemasan berbicara dapat di sebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian ini menginvestigasi kecemasan berbicara pada siswa dan faktor apa saja yang menyebabkan kecemasan pada pelajaran Bahasa Inggris. Peneliti juga ingin mengetahui apa dampak kecemasan berbicara pada penampilan berbicara pada siswa kelas 7 SMPN 4 Ponorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, data di ambil melalui angket, wawancara, dan observasi selama di dalam kelas. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami kecemasan berbicara seperti, siswa merasa grogi dan kesulitan untuk berbiara ketika harus praktek di depan kelas, mereka tidak dapat fokus ketika sedang merasa grogi, siswa mengalami perubahan gaya tubuh/gerak tubuh yang aneh dan tidak semestinya ketika mereka harus praktek berbicara Bahasa Inggris di depan kelas. Setiap siswa memiliki alasannya masing-masing mengapa mereka mengalami kecemasan. Sebagai contoh, karena mereka memiliki kosa kata yang terbatas, merasa tidak percaya diri, takut membuat kesalahan, dan memiliki persiapan yang terbatas. Selain itu, respon dari teman, guru, dan metode guru dalam mengajar juga dapat meyebakan kecemasan berbicara pada siswa. Berdasarkan data yang telah di peroleh, lebih dari 65% siswa kelas 7 SMPN 4 Ponorogo mengalami permasalahan kecemasan berbicara.

 

Published
2022-10-28
Abstract viewed = 974 times
PDF downloaded = 656 times