Pandangan Gen Z terhadap Bahasa Inggris di Ranah Media Sosial

  • Dhea Siwy Wardhani IKIP Budi Utomo Malang
  • Sahara Zakiyatussifa Unnimah
  • Nanda Khusni Amaliyah
Keywords: Gen Z, Bahasa Inggris, Media Sosial

Abstract

Perkembangan media sosial pada jaman globalisasi ini telah mengubah gaya hidup manusia. Melalui media sosial, masyarakat dapat saling bertukar atau berbagi informasi secara terang-terangan, memberi komentar atau feedback. Gen Z tumbuh dengan web sosial, media sosial yang telah mejadi keseharian mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan Gen Z terhadap bahasa Inggris di ranah media sosial. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil dari wawancara yang dilakukan pada sejumlah mahasiswa IKIP Budi Utomo jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, beberapa istilah bahasa Inggris yang sering digunakan dalam berkomunikasi di media sosial antara lain: btw, otw, I don’t know, maybe, relate, hard easy, next, miscommunication, order, booking, deal, screenshot, voice note, guys,dan submit. Penggunaan bahasa Inggris pada media sosial dapat memotivasi mahasiswa untuk lebih mempelajari bahasa Inggris. Penggunaan bahasa Inggris pada media sosial dianggap lebih menarik, dikarenakan ketika mengetik di media sosial, mereka tidak perlu memerhatikan grammar, sehingga mahasiswa menjadi lebih leluasa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pandangan Gen Z, khususnya mahasiswa IKIP Budi Utomo jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, mahasiswa menganggap bahwa penting untuk menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi di media sosial.

Published
2022-11-01
Abstract viewed = 790 times
PDF downloaded = 706 times