Strategi Pembelajaran On-line dalam Mengajar Menulis Deskripsi Selama Pandemi Covid-19 untuk Siswa Kelas 7 MTs NU Al Amin Malang

  • Hidayatul Munawaroh IKIP Budi Utomo
Keywords: Strategi, Pembelajaran On-line, Pandemi COVID-19

Abstract

ABSTRACT

                Learning strategies are a series of ways that are chosen and arranged by the teacher to be applied in the ongoing learning process. However, the case of the COVID-19 pandemic has made learning activities swayed due to the establishment of several new policies over time. The role of the teacher is very important in this case because the teacher is responsible for the success of a goal in education.

                This study aims to describe the types of English teachers apply in dealing descriptive text on-line learning for seventh grade students at MTs NU Al Amin Malang and how do English teachers in optimizing technology in dealing descriptive text on-line learning for seventh grade students at MTs NU Al Amin Malang

                In the face of a pandemic situation that requires learning to be done online. All individuals associated with an institution must maximize learning and continue to grow motivation to continue to follow the learning process. English learning activities will run well if teachers can continue to develop skills in using various kinds of E-learning applications. Not only mastery in using applications as on-line learning media, teachers can also create a pleasant learning atmosphere, so that student learning motivation develops well.

                The analytical method used in this research is descriptive qualitative. Sources of data used are primary data sources in the form of observations and interviews and secondary data sources in the form of documentation. Checking the validity of these data findings using the triangulation method.

                The results showed that during On-Line learning the teacher combined learning strategies, learning methods and technology that could be utilized in the learning process. The strategy used is collaborative and exploratory by teaching using a combination of competency-based, hybrid and video learning methods. The technology used is quite simple, namely using the WhatsApp, DU Recorder and Youtube applications. The optimization of the technology used is not how sophisticated the type of technology features are, but the dominant technology and applications and the convenience and smoothness of students using these applications when doing online learning.

 

ABSTRAK

                Strategi pembelajaran adalah rangkaian cara yang dipilih dan disusun oleh guru untuk diterapkan dalam berlangsunganya sebuah proses pembelajaran. Namun adanya kasus pandemic COVID-19 ini membuat kegiatan pembelajaran terombang ambing karena penetapan beberapa kebijakan baru seiring perkembangan waktu. Peran guru sangat penting pada kasus ini karena guru yang bertanggung jawab akan keberhasilan suatu tujuan dalam pendidikan.

                Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis strategi yang digunakan guru Bahasa Inggris dalam menghadapi pembelajaran on-line Teks Deskripsi siswa kelas 7 MTs NU Al Amin Malang dan bagaimana guru bahasa Inggris mengoptimalkan teknologi dalam menghadapi pembelajaran on-line Teks Deskripsi untuk siswa kelas 7 di MTs NU Al Amin Malang.

                Dalam menghadapi situasi pandemi yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara on-line. Semua individu yang terkait dengan suatu instansi harus memaksimalkan pembelajaran dan terus menumbuhkan motivasi untuk terus mengikuti proses pembelajaran. Kegiatan pembelajaran bahasa Inggris berjalan dengan baik jika guru dapat terus mengembangkan keterampilan dalam menggunakan berbagai macam aplikasi E-learning. Tidak hanya penguasaan dalam penggunaan aplikasi sebagai media pembelajaran on-line, guru juga dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, sehingga motivasi belajar siswa berkembang dengan baik.

                Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Descriptive Kualitatif. Sumber data yang dipakai adalah sumber data primer berupa hasil observasi dan wawancara serta sumber data sekunder berupa dokumentasi. Pengecekan keabsahan temuan data ini menggunakan metode triangulasi.

                Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama pembelajaran On-Line guru mengkombinasikan antara strategi pembelajaran, metode pembelajaran dan teknologi yang bisa dimanfaaatkan dalam proses pembelajaran. Strategy yang digunakan adalah kolaboratif dan eksploratif dengan cara pengajaran menggunakan gabungan metode pembelajaran berbasis kompetensi, hybrid dan pembelajaran menggunakan video. Teknologi yang dipakai tergolong sederhana yaitiu menggunakan aplikasi WhatsApp, DU Recorder dan Youtube. Pengoptimalan teknologi yang dipakai bukan seberapa canggih jenis fitur teknologi tersebut, tapi teknologi dan aplikasi yang dominan dan kenyamanan serta kelancaran siswa memanfaatkan aplikasi tersebut saat melakukan pembelajaran daring.

Published
2022-11-30
Abstract viewed = 323 times
PDF downloaded = 219 times