MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS TUJUH MELALUI ROLE PLAY DI SMP KATOLIK MARSUDI SIWI

  • Yustina Elfrida Ratna IKIP Budi Utomo
  • Endang Setiyo Astuti
  • Tities Hijratur Rahmah
Keywords: Keywords : Teaching, Speaking Skills, Role Playing

Abstract

ABSTRAK

 

Keterampilan berbicara adalah kemampuan   mengungkapkan  pendapat atau pikiran dan perasaan kepada seseorang atau kelompok secara lisan, baik tatap muka maupun jarak jauh. Salah satu tujuan pengajaran bahasa asing di Indonesia adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Oleh karena itu, siswa harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris agar dapat berkomunikasi dengan orang lain, karena berbicara bahasa Inggris merupakan tujuan utama banyak pembelajar dewasa. Masalah pertama yang dihadapi siswa SMP adalah kurangnya pengucapan, kemudian yang kedua adalah kurangnya kosakata siswa, hal ini disebabkan oleh kurangnya latihan dan yang terakhir adalah kurangnya kepercayaan diri siswa. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas tujuh.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk mengumpulkan data yang dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas VII SMP Katolik Marsudi Siwi. Pengumpulan data melibatkan instrumen yaitu tes, angket, serta wawancara dan angket. Angket siswa untuk mengetahui pendapat siswa tentang pelaksanaan role play dan review untuk mengetahui kesulitan apa yang dihadapi siswa. Peneliti akan mengetahui keberhasilan siswa dalam melakukan penelitian tindakan ini dengan mengacu pada kriteria KKM 75. Ada beberapa langkah yang akan dilakukan dalam setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perkembangan yang signifikan dalam keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Katolik Marsudi Siwi, setelah menerapkan role play. Dimana skor siklus I adalah 63,15% % dan skor siklus II adalah 89,43%. Artinya penggunaan metode role play merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

 

Kata Kunci : Mengajar, Keterampilan Berbicara, Bermain Peran

 

 

 

 

 

 

 

 

IMPROVING THE SEVENTH GRADE STUDENTS’ SPEAKING SKILL THROUGH  ROLE PLAY AT SMP KATOLIK MARSUDI SIWI

                                                                                       

Yustina Elfrida Ratna1, Endang Setiyo Astuti2 , Tities Hijratur Rahmah ³

English Education Program Department

Faculty of Socials Science And Humanity Education

Institute of Teacher Training And Education Budi Utomo Malang

Citandui Street Number 46 Malang Phone : 0341 – 495111, 495222

Email : yustinaelfridaratna@gmail.com1

 

ABSTRACT

 

Speaking skill is the ability to express opinions or thoughts and feelings to a person or group orally, both face to face and long distance. One of the goals of teaching foreign languages ​​in Indonesia is to improve speaking skills. Therefore, students must have the ability to speak English in order to communicate with others, because speaking English is the main goal of many adult learners. The first problem faced by junior high school students is the lack of pronunciation, then the second is the lack of students' vocabulary, this is caused by lack of practice and the last is the students' lack of confidence. The main objective of this research is to improve the speaking skills of seventh grade students.

This study uses Classroom Action Research (CAR) to collect data that can improve the reading ability of seventh grade students of Marsudi Siwi Catholic Junior High School. Data collection involves instruments, namely tests, questionnaires, as well as interviews and questionnaires. Student questionnaires to find out students' opinions about the implementation of role play and reviews to find out what difficulties students face. Researchers will know the success of students in conducting this action research by referring to the KKM 75 criteria. There are several steps that will be carried out in each cycle, namely planning, implementation, observation and reflection.

The results of this study indicate that there is a significant development in the speaking skills of the seventh grade students of Marsudi Siwi Catholic Junior High School, after implementing role play. Where the score of the first cycle is 63.15% % and the second cycle score is 89.43%. This means that the use of the role play method is the right way to improve students' speaking skills.

 

Keywords : Teaching, Speaking Skills, Role Playing

 

Published
2022-11-08
Abstract viewed = 378 times
PDF downloaded = 291 times