A KEMAMPUAN MENYUSUN TANGGAPAN TERHADAP BUKU FIKSI MENGGUNAKAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 KEI KECIL LETVUANTAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • aurelia sir ken Ikip Budi Utomo Malang
  • Anita Kurnia Rachman IKIP Budi Utomo
Keywords: Kemampuan menyusun tanggapan buku fiksi STAD (Student Team Achievement Division)

Abstract

  • ABSTRAK
    Keterampilan menulis memegang peranan yang sangat menentukan hasil belajar siswa dan harus dikuasai oleh siswa. Peningkatan kemampuan aktivitas siswa dalam menyusun tanggapan terhadap buku fiksi menggunakan metode Student Team Achievement Division (STAD) selain pengertian dari peningkatan / meningkatkan siswa juga perlu memiliki keterampilan dalam aktivitas menulis.
    Jenis penelitian ini adalah menyusun tanggapan terhadap buku fiksi dengan menggunakan metode Student Team Achievement Division (STAD) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan, serta menguji kelayakan dan keaktifan penggunaan metode Student Team Achievement Division (STAD) dalam menyusun tanggapan terhadap buku fiksi. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelas atau di sekolah tempat guru tersebut mengajar dengan tujuan memperbaiki mutu pembelajaran maupun praktek, presentasi dan lain-lain di kelasnya dengan metode STAD.
    Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan adanya kesesuaian antara tanggapan buku fiksi dengan metode yang digunakan yaitu metode Student Team Achievement Division (STAD) mendapatkan nilai rata-rata yang paling tinggi dengan skor presentasi 76%. Sedangkan aspek dengan nilai rata-rata paling rendah yaitu aspek tanda baca dengan skor presentasi 66%. Nilai rata-rata siswa pada siklus I berjumlah 74 dengan ketuntasan belajar klaksikal 57%, namun terjadi peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata siswa 83 dan ketuntasan belajar klaksikal 97%. Artinya penerapan metode Student Team Achievement Division (STAD) dalam kegiatan menyusun tanggapan baku fiksi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Kei Kecil Letvuan berhasil ditingkatkan, dalam menyusun tanggapan buku fiksi, namun peneliti menyadari banyak terdaapat kekurangan. Untuk itu, adanya tindakan lebih lanjut dari guru mata pelajaran yang bersangkutan agar proses pembelajaran serta hasil belajar siswa dapat terus meningkat.

Author Biography

Anita Kurnia Rachman, IKIP Budi Utomo

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Published
2022-11-12
Abstract viewed = 393 times
PDF downloaded = 306 times