PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS VII SMP KRISTEN DIAN

  • Stevani Elsa Meturan Ikip Budi Utomo
  • Anita Kurnia Rachman

Abstract

Menulis sebagai salah satu ketrampilan berbahasa pada tingkat sekolah dasar sudah mulai dikembangkan. Salah satu ragam menulis adalah menulis teks prosedur. Rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana kemampuan menulis teks prosedur dengan menggunakan model (circ) pada siswa kelas VII Smp Kristen Dian. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi dalam pelaksanaan kemampuan menulis teks prosedur menggunakan model (circ) pada siswa kelas VII SMP Kristen Dian Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Penelitian dilakukan di SMP Kristen Dian . Obyek penelitian ini adalah Siswa Smp Kristen Dian dengan jumlah siswa 21 anak. Terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur dengan model cooperative integrated reading and composition(CIRC) dapat meningkat. Hal ini dapat ditunjukan melalui hasil tes siklus I Dengan ketuntasan peningkatan menulis teks prosedur pada siswa di siklus I 63,33 dan pada siklus II 81,19 Jadi dari siklus I dan pada siklus II peningkatan menulis teks prosedur pada siswa meningkat menjadi 80,96%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks prosedur pada siswa kelas VII Smp Kristen Dian dapat meningkat. 2
Published
2022-11-10
Abstract viewed = 370 times
PDF downloaded = 255 times