S1

  • MUQODDAM MUQODDAM MUQODDAM Peseerta
Keywords: pengembangan, media pembelajaran, teks biografi

Abstract

Pemilihan media pembelajaran dan media berupa buku pelajaran teks biografi yang tepat akan berpengaruh positif terhadap hasil pembelajaran peserta didik. Terlebih dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, masih banyak di jumpai peserta didik yang nilainya rendah. Hal tersebut berkaitan dengan kesalahan dalam memilih media pembelajaran.  Terkait dengan permasalahan tersebut maka peneliti berupaya akan mengembangkan suatu media buku pelajaran. Metode pengembangan yang digunakan terdiri dari lima langkah pengembangan yaitu: 1) Analysis, 2) Desaign, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Produk hasil perkembangan divalidasikan kepada ahli bahasa, ahli materi dan ahli desain untuk mengetahui tingkat kelayakan produk media pada materi teks biografi. Hasil penelitian Pengembangan media pembelajaran teks biografi dengan menggunakan media pembelajran projek based learning yang berbentuk buku pelajaran untuk siswa kelas X MA NU Pakis Malang mendapatkan nilai untuk hasil uji ahli bahasa 3,33, hasil uji ahli materi  mencapai 3,45 dan hasil uji ahli desain 3,81. Dari hal tersebut terbukti bahwa bahan ajar teks biografi dengan menggunakan media pembelajaran berbasis project learning sangat efektif di implementasikan untuk kelas X MA NU.

 

Published
2022-11-30
Abstract viewed = 222 times
PDF downloaded = 120 times