Meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa menggunakan media gambar

  • Rafika Sari IKIP BUDI UTOMO
  • Rom Mukarom Ikip Budi Utomo Malang
Keywords: Mengajar, kosakata bahasa Inggris,dan media gambar

Abstract

Pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing merupakan bagian dari pendidikan formal yang telah diterapkan satuan pendidikan. Kosakata merupakan dasar untuk memahami suatu isi bacaan yang mengandung makna. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Mojolangu 04. Prosedur penlitian ini menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada hasil penelitian ini terdapat peningkatan efektif dalam tingkat penguasaan kosakata siswa kelas V SDN Mojolangu 04. Setelah menerapkan gambar dengan kata-kata pada siklus I, skor keberhasilan klasikal 52% meningkat menjadi siklus II 85%  sedangkan sebelum penerapan media gambar pada aktivitas nilai pre-test hanya mencapai 9%. Sehingga dalam kegiatan ini siswa memberikan respon positif seperti mendengarkan penjelasan dengan fokus dan mengikuti petunjuk. Menghafal dan memahami arti kosakata bahasa Inggris. Bahkan dalam proses pembelajaran, siswa lebih aktif pada siklus II dibandingkan siklus I. Tentunya dengan penerapan media gambar dapat meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa.

Published
2022-10-24
Abstract viewed = 389 times
PDF downloaded = 195 times PDF downloaded = 0 times