A Penggunaan Tic Tac Toe Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Siswa SMA Negeri 1 Adonara

  • Veronika Tuto Mamun IKIP BUDI UTOMO
  • Indrawati Pusparini IKIP Budi Utomo
Keywords: Tic tac toe game for speaking skill

Abstract

ABSTRACT

It is a well-known fact that English is an international language, that means English is used by most of people around the world. In English, speaking is the one of important skill that we must master. Speaking in a foreign language is not natural and it requires great effort throughout the whole process. So, by now  we  have understood the basic of speaking and the fact that speaking English is regarded as one of the most complex skill that we can master. Therefore as an English teacher, we have to introduce a variety of techniques in the classroom by selecting simple and useful material that creates more interest and attentiveness. Tic tac toe game is the one of the  simple, fun and interesting method that  can be applied in the classroom to enhance students speaking skill. The research conducted the study to enhance the 10th grade students speaking skill In SMA Negeri 1 Adonara. It consist the problem of this research that is How Tic Tac Toe game can enhance students’ speaking ability of the 10th grade students’ at SMA Negeri 1 Adonara. The research design of this study was Classroom Action Research. It was included two cycles. Each cycle consisted of planning, acting, observing, and reflecting. From the study, the researcher could conclude that the implementation of the study improved gradually from cycle 1 and Cycle 2. The improvement of the study was showed from each cycle. The subject of the research consisted of 17 students of class XIIB at SMA Negeri 1 Adonara in academic year 2021/2022. The instruments of this research were interview, test which was analyzed by quantitative analysis and observation sheet which was analysis by qualitative analysis. Based on the result of this research, tic tac toe game can enhance   speaking ability for the 10th grade students at SMA Negeri 1 Adonara, it was seen from the improvement of the study. The improvement of the study was showed form each cycle. The result of the post-test cycle 1 and cycle 2 were 71,05 and 82,11. The result of the class percentage of students who pass the minimum mastery criterion (KKM) from cycle 1 and cycle 2 were 58,825% and 88,23% of the students. Thus proved that Tic Tac Toe Game can enhance the students’ speaking ability. The conclusion of this reserach is based on the results of data analysis that the use of Tic Tac Toe Game can enhance students’ speaking skills of the10th grade students at SMA Negeri 1 Adonara.

Keywords: Tic Tac Toe Game, CAR, Speaking Skill

 

ABSTRAK

Fakta yang sudah kita semua ketahui bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa internasional, yang berarti bahasa Inggris digunakan oleh sebagian besar orang di seluruh dunia. Dalam bahasa Inggris, berbicara adalah salah satu keterampilan penting yang harus kita kuasai. Berbicara dalam bahasa asing tidak alami dan membutuhkan upaya yang besar dalam seluruh prosesnya. Jadi, sekarang kita telah memahami dasar berbicara dan fakta bahwa berbicara bahasa Inggris dianggap sebagai salah satu keterampilan paling kompleks yang dapat kita kuasai. Oleh karena itu sebagai guru bahasa Inggris, kita harus memperkenalkan berbagai teknik di kelas dengan memilih materi yang sederhana dan bermanfaat yang menciptakan lebih banyak minat dan perhatian. Permainan tic tac toe merupakan salah satu metode sederhana, menyenangkan dan menarik yang dapat diterapkan di kelas untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas X di SMA Negeri 1 Adonara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana permainan Tic Tac Toe dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas 10 SMA Negeri 1 Adonara. Desain dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian  ini dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dari penelitian ini, peneliti dapat menyimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran meningkat secara bertahap dari siklus 1 dan siklus 2. Peningkatan pembelajaran dibuktikan dari setiap siklus. Subjek penelitian ini berjumlah 17 siswa kelas XIIB SMA Negeri 1 Adonara tahun pelajaran 2021/2022. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, tes yang dianalisis dengan analisis kuantitatif dan lembar observasi yang dianalisis dengan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini, permainan tic tac toe dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas 10 SMA Negeri 1 Adonara, hal ini terlihat dari peningkatan pembelajaran. Peningkatan pembelajaran dapat kita ketahui dari hasil setiap siklus. Hasil post-test siklus 1 dan siklus 2 adalah 71,05 dan 82,11. Hasil persentase kelas siswa yang lulus Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dari siklus 1 dan siklus 2 adalah 58,825%  dan 88,23% siswa. Dengan demikian terbukti bahwa Permainan Tic Tac Toe dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan hasil analisis data bahwa penggunaan Tic Tac Toe Game dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 10 SMA Negeri 1 Adonara.

Kata Kunci: Tic Tac Toe Game, PTK, Keterampilan Berbicara

Author Biography

Indrawati Pusparini, IKIP Budi Utomo

Pendidikan Bahasa Inggris Ikip Budi Utomo

Published
2022-11-11
Abstract viewed = 431 times
PDF downloaded = 256 times