PERSEPSI GURU BAHASA INGGRIS SD TERHADAP PENGGUNAAN TEKNOLOGI PADA SAAT DAN SETELAH PANDEMI

  • Shirly Rizki Kusumaningrum Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang
  • Intan Kusumawardhani Universitas Negeri Malang
Keywords: Perceptions, EYL Teachers, Digital Media Creation

Abstract

Tingginya frekuensi penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan serta pergeseran mode pembelajaran sebelum, selama, dan setelah pandemi menyebabkan integrasi teknologi dengan dunia pendidikan menjadi salah satu solusi, mengingat teknologi menawarkan kesempatan belajar yang lebih fleksibel. Penggunaan media digital merupakan salah satu contoh kesempatan belajar yang bisa digunakan di kelas (baik daring maupun luring) dan telah dikembangkan dari masa ke masa, bahkan sebelum adanya pandemic, terlebih untuk pebelajar setingkat SD yang mana aktivitas pembelajarannya seharusnya meliputi hal-hal baru, menyenangkan, dan interaktif. Namun, tidak semua guru Bahasa Inggris SD siap mengembangkan ruang kelas digital yang mudah diakses pebelajar dalam waktu singkat. Tidak sedikit yang masih mempertanyakan pentingnya kelas digital, apalagi dalam perubahan situasi yang mendadak seperti saat pandemi. Untuk itu, penelitian ini bertujuan menggali penggunaan media digital dari sudut pandang guru Bahasa Inggris SD. Instrumen yang digunakan pada penelitian survei ini adalah kuesioner, yang dibagikan secara acak pada 19 guru Bahasa Inggris SD di Kota Malang. Hasil
penelitian menunjukkan adanya manfaat atau prospek dari penggunaan media digital —salah satunya meningkatkan penggunaan teknologi dalam kelas. Meski demikian, tantangannya masih dominan dan —untuk beberapa hal, perlu diteliti lebih lanjut.

Published
2022-11-05
Abstract viewed = 420 times
PDF downloaded = 292 times