Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Penulisan dan Pengembangan Paragraf pada Mahasiswa Fakultas Pendidikan Angkatan 2019 Universitas Pelita Harapan
Abstract
Dalam praktik berbahasa atau dalam keterampilan berbahasa, kesalahan berbahasa akan mungkin terjadi karena hal itu terkait dengan tingkat kompetensi dan perfomansi si pengguna bahasa. Selanjutnya, kesalahan berbahasa itu dapat terwujud di dalam tingkatan berbahasa yaitu mulai huruf sampai dengan wacana. Salah satu bentuk tingkatan yang cukup menggambarkan bentuk kesalahan berbahasa adalah pada tingkatan bahasa berupa paragraf atau alinea. Penelitian ini bertujuan untuk gambaran pengetahuan tentang menulis dan mengembangkan paragraf, mengetahui bentuk-bentuk kesalahan berbahasa di dalam penulisan dan pengembangan paragraf, dan mengetahui cara meminimalisasi bentuk-bentuk kesalahan berbahasa dalam menulis dan mengembangkan paragraf. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan instrumen penelitian melalui angket dan pemberian lembar kerja dalam menulis dan mengembangan paragraf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan tentang menulis dan mengembangkan paragaraf pada mahasiswa Fakultas Pendidikan jurusan PGSD Angkatan 2019 tidak terlalu baik. Bentuk-bentuk kesalahan yang paling sering muncul yaitu pada bagian ejaan yang hampir semua sampel melakukan kesalahan yaitu khususnya pada penggunaan tanda koma (,). Adapun cara meminimalisasi bentuk-bentuk kesalahan tersebut adalah melalui peningkatan kompetensi dan performansi sampel melalui pengajaran analisis kalimat efektif, pengajaran tata bahasa Indonesia, pengajaran tata bahasa tagmemik, dan juga penekanan arti pentingnya penyuntingan sehingga menjadi editor-editor yang mandiri dalam mengoreksi kesalahan diri sendiri dan nantinya mengoreksi kesalahan orang lain.
Kata Kunci: kesalahan berbahasa, menulis, pengembangan paragraf
Copyright (c) 2020 Jonter Pandapotan Sitorus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.