Pelatihan Inovasi Pembelajaran dalam Persepsi Mahasiswa

(Studi Kasus Pelatihan di IKIP Budi Utomo Malang)

  • Harun Ahmad IKIP Budi Utomo
  • Endang Sumarti IKIP Budi Utomo
  • Mukarom Mukarom IKIP Budi Utomo
Keywords: inovasi pembelajaran, kompetensi Instruktur, pemahaman materi

Abstract

Artikel ini bertujuan mengungkap bagaimana kualitas pelatihan inovasi pembelajaran di IKIP Budi Utomo Malang dalam persepsi mahasiswa. Tiga variabel yang coba ditelusuri: kompetensi instruktur, pemahaman materi, dan kinerja pelatihan. Penelitian didesain dalam bentuk survei dengan teknik analisis data bersifat deskriptif-kuantitatif. Hasilnya, kompetensi instruktur terkategori BAIK karena di atas 70%; tingkat pemahaman mahasiswa terhadap materi tergolong CUKUP sebab ada di kisaran 40%; dan kinerja pelatihan di level BAIK karena mencapai 71%. Data ini menginformasikan bahwa kualitas pelatihan inovasi pembelajaran di IKIP Budi Utomo Malang sudah memenuhi kriteria BAIK. Secara praktis dapat dikatakan bahwa IKIP Budi Utomo Malang sebagi salah satu institusi pendidikan keguruan perlu selalu melatih para mahasiswa agar memiliki kemampuan mendesain model pembelajaran yang inovatif-patisipatif sebagai bagian dari pemenuhan kompetensi professional. Originality penelitian ini dapat dilihat dari upaya melihat secara sistematis literatur yang ada dan mengungkapkan kompatibilitas antara teori akademis dan penerapannya di dunia empiris.

Published
2020-10-31
Abstract viewed = 66 times
PDF downloaded = 48 times