MODEL PEER ASSESSMENT DALAM MATAKULIAH BERBICARA INDIVIDU

  • Artifa Sorraya IKIP Budi Utomo Malang
Keywords: model peer assessment, matakuliah berbicara individu

Abstract

Keterampilan berbahasa khususnya matakuliah berbicara individu dalam pembelajaran Bahasa Indonesia memegang peran penting dan menuntut banyak hal yang dikuasai, meliputi aspek kebahasaan dan non kebahasaan sehingga mahasiswa mudah dalam mempercepat penguasaan mahasiswa dalam pembelajaran berbicara, karena itulah matakuliah berbicara individu merupakan sarana yang baik untuk menumbuh kembangkan cara berbicara dan berpikir tentang apa yang akan dibicarakan. Proses pembelajaran merupakan suatu interaksi antara peserta didik atau mahasiswa dengan pendidik/ dosen sebagai pengajar, dengan pembelajaran berbicara mahasiswa mampu dan paham tentang pelajaran tersebut sehingga proses pembelajaran dapat dilaksanakan dengan menggunakan paedagogik yang mencakup strategi maupun teknik mengajar. Keberhasilan belajar peserta didik yang dicapai dapat diukur melalui penilaian hasil belajar. Salah satu dengan model peer assessment. pendekatan pengajaran melalui penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar dalam mencapai tujuan belajar. Penilaian dalam aktivitas berbicara terfokus pada faktor atau elemen utama dalam berbicara, yaitu faktor kebahasaan (verbal), Faktor kebahasaan yang dinilai meliputi (1) pengucapan vocal, (2) pilihan kata , (3) penguasaan topik, (4) kejelasan isi, dan (5) kelancaran

 

Published
2018-10-16
Abstract viewed = 1674 times
PDF downloaded = 6214 times