CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN TELEVISI

  • anita kurnia rachman IKIP Budi Utomo Malang
Keywords: citra, perempuan, citra perempuan, iklan, televisi

Abstract

Abstark

Iklan memberikan informasi kepada penonton televesi untuk mengetahui berbagai informasi tentang apapun yang dibutuhkan penonton. Iklan saat ini banyak menghadirkan perempuan untuk menarik minat penonton. Perempuan memang memberiakan daya tarik tersendiri pada tayangan iklan. Hal ini memunculkaneksploitasi perempuan sebagai objek seksual berdasarkan cara berpikir stereotype (meniru), seringkali muncul dalam berbagai karya iklan televisi. Perbedaan gender memberikan budaya dalam masyarakat, yaitu sistem patriaki. Sistem ini memberikan kekuasaan pada laki-laki. Hal ini menimbulkan citra yang disebut P-5 yang melekat pada perempuan melalui iklan yang diperankan. Citra itu, yaitu citra peraduan, citra pigura, citra pilar rumah tangga, citra pergaulan, dan citra pinggan. Posisi perempuan dalam bermasyarakat memberikan andil terhadap kekerasan perempuan dalamm media massa atau media televisi. Mengupayakan peranan wanita baik di dunia pertelevisian khususnya iklan yang memberikan pendidikan tentang gender. Upaya ini perlu disosialisasikan untuk menumbuhkan rasa toleransi, sikap saling menghormati, saling memahami serta saling membantu antara laki-laki dan perempuan.

Published
2018-10-20
Abstract viewed = 3062 times
PDF downloaded = 1826 times