Penggunaan Metode Think Talk Write dalam Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Berdasarkan Pengalaman Pribadi Di Sma
Abstract
Abstract
Indonesian language learning in schools is emphasized on the acquisition of four language skills. The four language skills are listening, speaking, reading, and writing skills. This study describes the problems in learning to write negotiating texts. Negotiation text is a text that talks about interactions with other parties and will result in an agreement. The purpose of this study is to describe the use of the think talk write method in learning to write negotiating texts based on personal experiences in high school. The method used in this research is the literature study method. The sources of data in this study are journals, while the data in this study are articles in scientific journals and describe the use of the think talk write method in learning to write negotiating texts based on the personal experiences of high school students. The results and discussion in this study indicate that the think talk write method is able to overcome problems in learning to write negotiating texts and other types of texts. Problems in learning to write negotiating texts cannot be overcome by using other methods. The use of the think talk write method in learning to write negotiating texts is more effective based on students' personal experiences when compared to other methods.
Keywords: think talk write, writing learning, negotiation text, personal experience
ABSTRAK
Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah ditekankan pada pemerolehan empat keterampilan berbahasa. Keempat keterampilan berbahasa tersebut adalah keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Penelitian ini menguraikan permasalahan dalam pembelajaran menulis teks negosiasi. Teks negosiasi merupakan teks yang berbicara tentang interaksi dengan pihak lain dan akan menghasilkan kesepakatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode metode think talk write dalam pembelajaran menulis teks negosiasi berdasarkan pengalamn pribadi di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka. Sumber data dalam penelitian ini berupa jurnal sedangkan data dalam penelitian ini ialah artikel-artikel yang ada pada jurnal ilmiah dan menguraikan penggunaan metode think talk write dalam pembelajaran menulis teks negosiasi berdasarkan pengalaman pribadi siswa SMA. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, metode think talk write mampu mengatasi permasalahan dalam pembelajaran menulis teks negosiasi maupun jenis teks lain. Permasalahan dalam pembelajaran menulis teks negosiasi tidak bisa diatasi dengan menggunakan metode lain. Penggunaan metode think talk write dalam pembelajaran menulis teks negosiasi lebih efektif berdasarkan pengalaman pribadi siswa jika dibandingkan dengan metode lainya. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan masalah-masalah dalam pembelajaran menulis teks negosiasi pada siswa SMA bisa diatasi. Metode think talk write menjadi pilihan yang paling tepat.
Kata kunci: think talk write, pembelajaran menulis, teks negosiasi, pengalaman pribadi
Copyright (c) 2022 Stanislaus Hermaditoyo Stanislaus Hermaditoyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.