HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 1 KALIORI PADA MATERI TEKS NARASI DENGAN BLENDED LEARNING
Abstract
Beberapa tujuan pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia adalah untuk mengetahui pentingnya dan inti penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara serta bagi perkembangan sastra Indonesia. Teks naratif (cerita imajiner) merupakan salah satu materi yang diajarkan di tingkat sekolah. Dengan teks naratif, berarti siswa telah menulis karya sastra. Blended learning digunakan untuk melaksanakan pembelajaran pasca penurunan adopsi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana hasil belajar siswa kelas VII.1 dan VII.2 SMPN 1 Kaliori pada materi teks naratif dengan metode blended learning. Data diperoleh dengan mewawancarai guru mata pelajaran dan nilai penilaian harian siswa. Selain wawancara, rencana pembelajaran (RPP) dan silabus menjadi data dokumen. Hasil belajar siswa diuji dengan Daily Assessment (PH). Hasil belajar siswa dikatakan baik karena adanya komunikasi yang baik antara guru dan siswa. Selain itu, siswa bersemangat untuk mengerjakan tugas dengan hasil yang memuaskan. Nilai akhir pembelajaran teks naratif dari 60 siswa diperoleh nilai rata-rata 81,5 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 65. Hasil belajar materi teks naratif baik.
Copyright (c) 2022 Rizka Abri Pradani, Eko Agus Diniarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.