Pengembangan Bahan Ajar Teks Sastra Bahasa Indonesia Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Moderasi Beragama
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar teks sastra bahasa Indonesia berbasis moderasi beragama dan melihat efektivitas penggunaan bahan ajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D. Uji validasi dilakukan oleh empat ahli, masing-masing dua ahli dari segi materi dan dua ahli dari segi media. Beberapa aspek yang menjadi penilaian ahli materi yaitu dari segi isi materi, bahasa, dan penyajian. Sementara itu, ahli media menilai aspek tampilan bahan ajar dan karakteristik bahan ajar. Uji efektivitas bahan ajar juga dilakukan pada siswa kelas I MI Maarif Panjeng, Ponorogo. Hasil uji t menunjukkan bahwa t hitung (8,492) > t tabel (2,01808). Hal itu menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan efektif digunakan oleh siswa kelas I MI Maarif Panjeng, Ponorogo.
Copyright (c) 2023 Farida Yufarlina Rosita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.