Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Menggunakan Metode Bermain Peran (Role Playing) pada Peserta Didik Kelas VII A SMP Negeri 5 Sangatta Utara Tahun Pelajaran 2023/2024

  • Sahari Nor Wakhid SMP Negeri 5 Sangatta Utara
Keywords: menulis, teks deskripsi, role playing

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan kondisi kemampuan menulis teks deskripsi peserta didik di kelas VII SMP Negeri 5 Sangatta Utara yang masih rendah. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi menggunakan metode bermain peran (role playing) pada peserta didik kelas VIIA SMP Negeri 5 Sangatta Utara tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan pendekatan bersifat deskriptif kualitatif dan pengumpulan data, sedangkan teknik yang dipakai adalah tes dan observasi. Subjek penelitian yakni peserta didik kelas VII A SMP Negeri 5 Sangatta Utara berjumlah 32. Hasil analisis data yang didapat setelah melaksanakan penelitian dengan menggunakan metode beramin peran (role playing) adalah terjadinya peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi peserta didik. Hal ini terlihat rata-rata keterampilan menulis teks deskripsi peserta didik dari data yang telah diperoleh pada siklus 1 yakni 75 dan meningkat pada siklus 2 yakni 85. Berbanding lurus dengan data juga menunjukkan peserta didik yang memenuhi dan melampaui Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) berdasarkan interval nilai yang telah ditetapkan terjadi peningkatan pada setiap siklus, yakni pada siklus 1 62,5% dan pada siklus 2 87,5%.

Published
2023-10-15
Abstract viewed = 240 times
PDF downloaded = 265 times