Pengaruh Video Subtitle Bahasa Inggris Terhadap Pemahaman Mendengarkan Siswa EFL di SMAN 1 Blitar

  • Rosid Humam Universitas Islam Balitar
  • Supriyono Suherman Universitas Islam Balitar
  • Nita Sutanti
Keywords: englis subtitles videos, comprehension, efl students learning

Abstract

Pemahaman mendengarkan adalah masalah serius bagi siswa EFL di Indonesia. Beberapa siswa EFL ketika tidak mampu memahami pesan produk komunikasi seperti dialog, monolog, atau pembicaraan lisan lainnya dalam bahasa Inggris cenderung tidak mampu merespons atau menyampaikan isi komunikasi. Oleh karena itu, peneliti menyarankan video, khususnya video Subtitle Bahasa Inggris sebagai media pembelajaran ketika mengajar siswa EFL dengan harapan dapat meningkatkan pemahaman mendengarkan mereka. Dalam latarnya, peneliti menemukan SMAN Blitar sebagai tempat melakukan percobaan ini. Oleh karena itu, peneliti mengangkat masalah penelitian ini yang berjudul “Bagaimana dampak video bersubtitel bahasa Inggris terhadap pemahaman mendengarkan siswa EFL di SMAN 1 Blitar?” Penelitian eksperimen ini menggunakan desain one group pretest posttest design. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif. Instrumen penelitian untuk memperoleh nilai EFL siswa adalah tes pemahaman mendengarkan. Sampel penelitian ini bersifat purposive yaitu siswa kelas XI kelas XI MIPA 6 SMAN 1 Blitar yang berjumlah 35 siswa EFL. Dalam melakukan penelitian eksperimen ini terdapat beberapa prosedur seperti pelaksanaan tryout, pretest, pemberian treatment, dan pemberian posttest. Setelah itu data dikumpulkan, kemudian dianalisis secara statistik dengan SPSS 25. Analisis terdiri dari perbandingan nilai rata-rata antara pretest dan posttest, menentukan uji-t dengan melakukan uji-t berpasangan dengan SPSS 25, dan menguji skor N-Gain untuk mengetahui efektivitas pengobatan. Hasil analisis data ditunjukkan dalam beberapa interpretasi. Pertama, analisis nilai rata-rata menunjukkan adanya peningkatan dari 48,73 pada pretest menjadi 83,10 pada posttest. Kedua, data yang kemudian dianalisis dengan uji beda berpasangan (paired sample t-test) menunjukkan signifikansi berdasarkan perbandingan antara thitung dan ttabel. Didapatkan thitung (17,646) lebih besar dari ttabel (1,691). jika thitung lebih besar dari ttabel maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Selanjutnya hasil uji N-Gain menunjukkan skor N-Gain sebesar 0,7187 lebih besar dari 0,7. Jadi, dapat disimpulkan bahwa perlakuan yang peneliti berikan terhadap siswa EFL adalah efektif dan terdapat dampak dari video Subtitle Bahasa Inggris terhadap pemahaman mendengarkan siswa EFL

Published
2024-04-01
Abstract viewed = 41 times
PDF downloaded = 28 times