Integrasi Pembelajaran Bahasa dalam Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Samarinda (Kajian Multiple Intelegence Berperspektif Nilai Humanisme Pedagogik)

  • Arditiya Arditiya Politeknik Negeri Samarinda
  • Puji Astuti Amalia Politeknik Negeri Samarinda
  • Amir Hidayat Politeknik Negeri Samarinda
  • Anisah Azizah Universitas Mulawarman
Keywords: anak berkebutuhan khusus, pembelajaran bahasa, humanisme pedagogik

Abstract

Kredibilitas sistem pendidikan nasional telah menunjukkan arah yang humanis. Pengedepanan pola pembelajaran terbuka dan inovatif menjadi ciri pendidikan saat ini. Sistem yang ditawarkan adalah memaksimalkan potensi anak sesuai dengan tingkat kecerdasannya masing-masing. Multiple intelegence merupakan pendekatan yang diharapkan mampu menjawab problematika pembelajaran di setiap sekolah. Sekolah yang mampu mengelola anak berkebutuhan khusus sehingga dapat mengembangkan potensi dirinya, ialah sekolah yang berhasil. Sekolah yang humanis mewujudkan iklim komunikasi Bahasa yang interaktif sehinga menciptakan pendidikan bebas bullying, perundungan, dan kekerasan psikologis di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pendidikan humanis, dengan memadukan formulasi pembelajaran bahasa peserta didik  berbasis multiple intelegence pedagogik. Penelitian ini bersifat kualitatif eksploratif. Data dan sumber data berupa satuan verbalitas yang memiliki satuan motivasional antara pendidik dan peserta didik dalam aktivitas pembelajaran di sekolah. Observasi partisipatoris, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi merupakan tahapan pemerolehan data di lapangan. Instrumen penelitian berupa ketersediaan korpus data yang terintegrasi dengan kisi-kisi penjaring data agar memiliki validitas yang objektif. Hasil dan kesimpulan penelitian menunjukan bahwa 12 klasifikasi ABK dapat terintegrasi pada 8 komponen multiple intelegenge dalam perspektif pembelajaran bahasa.

Published
2024-04-04
Abstract viewed = 28 times
PDF downloaded = 21 times