Mendorong Kemandirian Belajar Melalui Diferensiasi Intruksi dalam Kegiatan Menulis

  • Hernina Dewi Lestari Universitas Insan Budi Utomo
  • Suhartatik Suhartatik
Keywords: diferensiasi, belajar, menulis, kemandirian

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mempromosikan bagaimana diferensiasi instruksi dapat mendorong otonomi belajar siswa dalam konteks kelas menulis. Penelitian ini melibatkan 50 mahasiswa jurusan Bahasa Inggris di sebuah universitas swasta di Malang. Dari studi pendahuluan, para peneliti melihat rendahnya motivasi mahasiswa dalam kegiatan menulis karena mereka menganggap kegiatan menulis itu biasa saja dan tidak menarik. Mereka ditemukan kurang memperhatikan kegiatan menulis yang diinstruksikan dan, pada akhirnya, menunjukkan kinerja menulis yang rendah. Para peneliti mencoba menggunakan diferensiasi instruksi dalam beberapa kegiatan menulis untuk mendorong kemandirian belajar siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa para siswa merasa tertantang secara positif melalui penulisan diferensiasi instruksi. Hal ini terlihat dari perubahan perilaku siswa yang lebih bersemangat dalam mengikuti instruksi. Selain itu, para siswa juga menunjukkan kemandirian belajar yang mapan yang berujung pada kinerja menulis yang lebih tinggi. Temuan penelitian ini berkontribusi pada pengayaan aspek pedagogis karena para guru atau peneliti selanjutnya dapat berfokus pada cakupan yang lebih luas dari strategi pengajaran ini.

Published
2023-10-21
Abstract viewed = 149 times
PDF downloaded = 106 times