Efektivitas Model Multiliterasi Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Materi Cerita Rakyat

  • Mardiana Firdausiyah Universitas Muria Kudus
  • Lintang Kironoratri Universitas Muria Kudus
  • Diana Ermawati Universitas Muria Kudus
Keywords: efektivitas model literasi, kemampuan membaca pemahaman, cerita rakyat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model multiliterasi terhadap kemampuan membaca pemahaman khususnya materi cerita rakyat. Penelitian ini dilaksanakan di 3 sekolah dasar, yaitu di SD 1 Klumpit, SD 6 Klumpit dan SD 3 Padurenan, dengan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode pretest-posttest. Teknik pengambilan sampling yang digunakan pada penelitian ini yakni teknik sampling jenuh, dengan jumlah populasi siswa kelas IV adalah 56 siswa berasal dari 3 sekolahan terdiri dari 36 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Rata-rata nilai pretest kemampuan membaca pemahaman adalah mencapai 49-53. Sedangkan rata-rata nilai posttest kemampuan membaca pemahaman adalah mencapai 82-87. Hasil uji normalitas nilai pretest posttest memperole hasil sig>0,05 dengan data pretest 0.198 , 0.396, 0.184 dan data posttes 0.816, 0.510, 0.508 sehingga Ho diterima dan Ha ditolak.. Uji N-gain dari selisih nilai pretest dan posttest diperoleh nilai 0,65 (SD 1 Klumpit) dan 0,67 (SD 3 Padurenan) 0,3≤g≤0,7 dengan kriteria peningkatan sedang, 0,75 (SD 6 Klumpit) g≥0,7 dengan kriteria peningkatan tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat keefektifan penggunaan model  multiliterasi terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa dalam materi cerita rakyat

Published
2024-04-26
Abstract viewed = 41 times
PDF downloaded = 22 times