Implementasi E-Modul Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Indonesia Pada Mahasiswa Poltekes Kemenkes dan UNIPA Surabaya

  • Mimas Ardhianti Universitas PGRI Adi Buana
  • Eko Cahyo Prawoto Universitas PGRI Adi Buana
  • Indayani Indayani Universitas PGRI Adi Buana
Keywords: E-Modul, Android, Bahasa Indonesia, Implementasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi e-modul berbasis android untuk meningkatkan kemampuan berbahasa indonesia pada mahasiswa Poltekes Kemenkes dan Unipa Surabaya. Rendahnya minat dan motivasi mahasiswa untuk mengikuti setiap proses pembelajaran mata kuliah bahasa Indonesia didasarkan pada beberapa hal, yaitu; ketidakmenarikan atau ketidakrelevanan mata kuliah bahasa Indonesia dengan kebutuhan akademik mahasiswa, pemahaman rendah tentang pentingnya konsep dasar bahasa Indonesia dalam dunia akademik, dan terbatasnya sumber belajar yang relevan dengan perkembangan teknologi saat ini. Tantangan ini mendorong untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman mahasiswa tentang pentingnya menguasai bahasa Indonesia secara akademik, serta menyediakan sumber belajar yang sesuai dengan perkembangan teknologi. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi solusi yang relevan untuk permasalahan rendahnya minat dan motivasi mahasiswa dalam mata kuliah bahasa Indonesia dan meningkatkan motivasi belajar mandiri mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Terdapat lima tahapan penelitian yaitu; analisis, desain/perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian ini adalah hasil  pengukuran pembelajaran dan implementasi aplikasi melalui delapan aspek dengan 398 diperoleh rerata skor 4,4. Hasil tersebut menunjukkan bahwa aplikasi Arimbi dapat digunakan dengan baik dan dapat membantu mahasiswa dalam belajar bahasa Indonesia sehingga dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berbahasa Indonesia utamanya pada materi kata dan pembentukan kata, kalimat efektif, serta paragraf.

Published
2024-04-25
Abstract viewed = 45 times
PDF downloaded = 31 times