Implementasi Standar Proses Pendidikan Kurikulum Merdeka oleh Guru Bahasa Indonesia

  • Ria Ardiyanti Universitas Jambi
  • Yusra D Universitas Jambi
  • Arum Gati Ningsih Universitas Jambi
  • Oky Akbar Universitas Jambi
Keywords: Implementasi, Standar Proses Pendidikan, Kurikulum Merdeka, Guru Bahasa Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi proses pembelajaran Kurikulum Merdeka oleh guru SMP Negeri 30 Muaro Jambi mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitia ini berjenis kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Ada dua jenis data yang digunakan, yaitu; (1) data primer, yaitu modul ajar guru Bahasa Indonesia, (2) data sekunder, yaitu hasil wawancara terbuka dan video pengamatan pembelajaran di dalam kelas. Sumber data adalah guru SMP Negeri 30 Muaro Jambi yang mengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia beserta kepala sekolah. Pengumulan data dilakukan dengan teknik studi dokumen, wawancara, observasi, dan teknik rekam.  Instrumen penelitian adalah diri peneliti dan responden. Untuk menguji ke-validan data digunakan triangulasi teknik dan pemeriksaan sejawat. Analisis data dilakukan dengan empat tahapan, yakni mereduksi data, lalu menyajikan data, menarik kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Bahasa Indonesia telah mengimplementasikan Standar Proses Pendidikan Kurikulum Merdeka dengan baik sesuai dengan aspek-askpek yang ada di dalam Permendikbudristek Nomor 16 Tahun 2022. Dari perencanaan pembelajaran guru telah mencantumkan 8 aspek ke dalam modul ajar, dari aspek pelaksanaan pembelajaran guru telah melaksanakan 10 aspek dan 1 indikator yang tidak terlaksana, dan dari evaluasi pembelajaran guru telah melaksanakan 5 aspek dan 1 aspek yang tidak terlaksana.

Published
2024-04-26
Abstract viewed = 46 times
PDF downloaded = 42 times