GAGASAN W.S. RENDRA TENTANG SISTEM PENDIDIKAN INDONESIA: RESISTENSI TERHADAP SISTEM PENDIDIKAN KEKUASAAN ORDE BARU

  • Umi Salamah IKIP BUDI UTOMO
Keywords: sistem pendidikan, penyeragaman dan kepatuhan, resistensi Orde Baru, gagasan W.S. Rendra

Abstract

Gagasan W.S. Rendra tentang pendidikan merupakan wujud keprihatinan terhadap carut-marutnya pendidikan akibat sistem pendidikan penyeragaman dan kepatuhan oleh kekuasaan Orde Baru. Teori yang mendasari kajian ini adalah teori hegemoni Gramsci, sedangkan metode analisisnya menggunakan analisis wacana kritis Michel Foucault. Sumber data berupa semua karya W.S. Rendra termasuk dialog dan pidato kebuayaannya. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa gagasan sistem pendidikan W.S. Rendra adalah sistem pendidikan yang berkebudayaan Indonesia, yaitu pendidikan yang berbasis riset, lingkungan, humanis, sejarah, dan kebudyaan. Melalui riset, pendidikan membiasakan peserta didik untuk menghormati fakta objektif dan hukum alam. Melalui pemahaman potensi dan masalah di lingkungannya, membiasakan peserta didik untuk belajar mengatasi masalah-masalah faktual yang ada di lingkungannya. Melalui pemahaman nilai-nilai humanis, melatih kepekaan peserta didik terhadap ketidakadilan dan kekerasan kemanusiaan. Melalui pemahaman sejarah, memberikan semangat nasionalisme dan menghargai pahlawan bangsa. Melalui kebudayaan, mengokohkan kepribadian dalam kebudayaan sendiri. Gagasan W.S. Rendra tersebut relevan dengan cita-cita pendidikan dalam preambul dan pasal 31 UUD 1945, yaitu “mencerdaskan kehidupan bangsa” melalui pendidikan yang berkarakter Pancasila dan tidak memisahkan peserta didik dengan lingkungannya.

Published
2019-07-16
Abstract viewed = 1690 times
PDF downloaded = 2367 times