MUATAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA SASTRA ANAK BERJENIS DONGENG MODERN

  • Hidayah Hidayah Dinas Pendidikan Kota Malang
Keywords: nilai karakter, sastra

Abstract

Berkaitan dengan Penguatan Pendidikan Karakter melalui Budaya Sekolah yakni kegiatan literasi, maka penanaman nilai-nilai karakter dapat dilakukan melalui cerita dongeng. Peneliti lebih memfokuskan untuk memilih cerita dongeng modern karena cerita jenis ini ditulis pada era globalisasi atau era yang sudah modern sehingga lebih relevan dengan kehidupan anak sekarang.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang termuat dalam dongeng modern. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif. Pada penelitian ini, peneliti bertindak sebagai instrumen utama. Hal ini berarti, keikutsertaan peneliti dalam proses pengumpulan data hingga analisis data mutlak diperlukan. Selain itu, peneliti mengembangkan instrumen tambahan berupa instrumen analisis nilai-nilai karakter dalam cerita dongeng modern untuk menunjang proses penelitian. Data yang diambil dalam penelitian ini berupa kata-kata atau kalimat yang terdapat pada cerita dongeng modern. Data dikumpulkan menggunakan teknik studi dokumenter. Teknik analisis data pada penelitian kualitatif ini, yaitu (1) mengumpulkan data, (2) mentranskripsikan data, (3) memahami data secara umum, (4) pengkodean data, dan (5) membangun deskripsi untuk laporan penelitian. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan ketekukan pengamatan dan diskusi dengan teman sejawat serta dosen pembimbing untuk meninjau kembali data dan hasil penelitian yang telah ditemukan. Hasil dari penelitian yang diperoleh yaitu, 13 muatan nilai karakter terkandung dalam unsur intrinsik tema, 44 muatan nilai karakter terkandung dalam unsur intrinsik penokohan, 15 muatan nilai karakter terkandung dalam unsur intrinsik latar, 46 muatan nilai karakter terkandung dalam unsur intrinsik alur, 11 muatan nilai karakter terkandung dalam unsur intrinsik amanat, dan 23 muatan nilai karakter terkandung dalam unsur intrinsik sudut pandang.

Published
2019-10-31
Abstract viewed = 2869 times
PDF downloaded = 3475 times