ANALISIS INTERAKSI TEMAN SEBAYA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN NGARINGAN 05 KECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN BLITAR

  • Yusvidha Ernata IKIP BUDI UTOMO MALANG
Keywords: Interaksi, Teman Sebaya, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi teman sebaya pada peserta didik mengenai aspek-aspek antara lain: 1) Kelekatan pertemanan; 2) Posisi anak dalam kelompok sebaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini mengakatakan bahwa ada beberapa indikator interaksi teman sebaya yang masih perlu diperhatikan untuk ditingkatkan antara lain: 1). bercerita kepada teman jika dimarahi orangtua yang memperoleh poin di bawah rata-rata yaitu 1,5; 2) teman-teman suka mengejek yang memperoleh poin di bawah rata-rata yaitu 1,8; 3) mempunyai geng di sekolah yang memperoleh poin di bawah rata-rata yaitu 1,8; 4). tidak takut mengejek orang yang lebih dewasa ketika bersama teman-temanmemperoleh poin di bawah rata-rata yaitu 1,3; 5) mengikuti ajakan teman-teman karena takut dijauhi yang memperoleh poin di bawah rata-rata yaitu 1,6; 6) ketika istirahat lebih senang di kelas yang memperoleh poin di bawah rata-rata yaitu 2; 7) hanya bermain dengan teman yang dekat dengan saja yang memperoleh poin di bawah rata-rata yaitu 1,8; 8), ketika istirahat saya lebih senang di kelas yang memperoleh poin di bawah rata-rata yaitu 2; 9) teman-teman memilih menjadi ketua jika mendapatkan tugas kelompok yang memperoleh poin di bawah rata-rata yaitu 2; 10) suka bermain sendiri di sekolah yang memperoleh poin di bawah rata-rata yaitu 1,4; 11) teman-teman suka mengejek yang memperoleh poin di bawah rata-rata yatu 1,8; 12) teman-teman mengajak menjadi anggota kelompok yang memperoleh poin di bawah rata-rata yaitu 2,7.

References

Ahmadi, A.(2002). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta
Desmita. (2007). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya
John W. Santrock. (2002). Life Span Development (Perkembangan Masa Hidup). Penerjemah: Juda Damanik, dkk. Jakarta: Erlangga.
Purwitasari, Y. (2011). Pengaruh Negative Hubungan Interaksi Social Dalam Kelompok Teman Sebaya (Gang) Di Sekolah, (Online) Diakses Tanggal 2 Juni 2015. Http://Ayussoulimage.Blogspot.Com/2011/04/Pengaruh-Negative-Hubungan-Interaksi.Html
Salam, B. (2002). Pengantar Pedagogik Dasar-Dasar Ilmu Mendidik. Jakarta: Rineka Cipta.
Syamsu, Y. (2006). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Published
2018-05-10
How to Cite
Ernata, Y. (2018). ANALISIS INTERAKSI TEMAN SEBAYA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN NGARINGAN 05 KECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN BLITAR. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 1(2), 60-79. https://doi.org/10.33503/jpjok.v1i2.167
Abstract viewed = 2445 times
PDF downloaded = 1191 times